PENERAPAN TEKNIK KAIZEN BERBANTUAN ARENA NUMBERS GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD NEGERI BANJARHARJO

Yusni Usman Ningrum ( SD Negeri Banjarharjo Salaman, Magelang )

Abstrak

Berdasarkan rapor pendidikan tahun 2021, kemampuan numerasi peserta didik SD Negeri Banjarharjo memerlukan intervensi. Penerapan teknik kaizen berbantuan numbers game merupakan tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini didasarkan pada teori bahwa pembiasaan rutin dan terus menerus dapat menumbuhkan motivasi internal untuk menyukai pembiasaan itu, termasuk bermain dengan angka dan numerasi. Penelitian ini  mengeksplorasi bagaimana penerapan teknik kaizen berbantuan arena numbers game di SD Negeri Banjarharjo dan dampaknya bagi peningkatan kemampuan numerasi peserta didik. Responden dalam penelitian ini adalah 121 peserta didik kelas 1-6 SD Negeri Banjarharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan observasi, wawancara, dan study dokumen sebagai instrumen pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik kaizen berbantuan arena numbers game telah diimplementasikan dengan baik dan mampu meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengolah angka serta dapat meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amirudin, & Dewi Masruroh, P. (2020). Implementasi Konsep Kaizen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Akademika, 18(1), 66–76.

Ariana, R. (2016). Pendekatan Kaizen dalam Perbaikan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 1–23.

Budiarti, N. I. (2022). Merdeka Mengajar Platform As a Support for the Quality of Mathematics Learning in East Java. Matematika Dan Pembelajaran, 10(1), 13–25. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v10i1.2858

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar. UMM Press.

Fatkhurrohman, A., & Subawa. (2016). Penerapan kaizen dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas produk pada bagian banbury PT.Bridgestone Tire Indonesia. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 14–31.

Mariamah, Suciyati, H. (2021). Kemampuan Numerasi Peserta didik Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. TUNAS: Jurnal Penlitian Pendidikan Dasar, 01(1), 93.

Mariamah, M., Ratnah, R., Katimah, H., Rahman, A., & Haris, A. (2021). Analysis of Students’ Perceptions of Mathematics Subjects: Case studies in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1933(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1933/1/012074

Mutakin, T. Z., Nurhayati, & Rusmana, I. M. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religi Peserta didik di Tingkat Sekolah Dasa. Edutech, 1(3), 361–373.

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian. Alfabeta.


Keywords  :  
Kata Kunci: teknik kaizen, numbers game, numerasi kaizen technique, game numbers, numeracy
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-01
Cara Mengutip  :  
Ningrum, Y. U. (2023). PENERAPAN TEKNIK KAIZEN BERBANTUAN ARENA NUMBERS GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD NEGERI BANJARHARJO. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 40–49. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1182
Terbitan  :