ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X5 IPA SMAN 1 SURAKARTA

Nisa Ulmah Mudah ( Universitas Sebelas Maret )

Abstrak

Peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menerima suatu pembelajaran, termasuk perbedaan gaya belajar. Gaya belajar yang dimiliki peserta didik berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Seorang guru perlu memahami gaya belajar peserta didik agar dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar peserta didik di SMAN 1 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 IPA SMAN 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi dan angket tentang gaya belajar. Observasi dilakukan dan angket gaya belajar diisi oleh 36 peserta didik kelas X5 IPA. Data hasil observasi dan pengisian angket dianalisis menggunakan metode persentase kemudian dideskripsikan. Hasil analisis gaya belajar menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis gaya belajar pada kelas X5 IPA, yaitu gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Kecenderungan gaya belajar peserta didik kelas X5 IPA adalah gaya belajar visual dengan persentase 64%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ayuningtyas, I. (2021). Analisis Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Institut Indonesia Semarang. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1, 41–50.

Catur, M. M. S. P. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Tahap Preklinik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 6, 109–116.

Chatib, M. (2015). Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak (2 ed.). Kaifa.

Hasrul. (2009). Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal MEDTEK, 1(2), 1–9.

Heacox, D. (2001). Differentiating Instruction in the Regular Classroom: How to Reach and Teach All Learners, Grades 3-12 (1 ed.). Free Spirit Pub.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP.

Porter, B. D. (2015). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan (1 ed.). Kaifa.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2, 29–35.

Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instructionin the Elementary Grades. ERIC Digest, 1, 1–7.

Wiedarti, P. (2018). Seri Manual GLS Pentingnya Memahami Gaya Belajar (1 ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.


Keywords  :  
Kata Kunci: Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik learning style, visual, auditory, kinesthetic
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-01
Cara Mengutip  :  
Mudah, N. U. (2023). ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X5 IPA SMAN 1 SURAKARTA. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 67–73. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1181
Terbitan  :