MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG ANAK TUNAGRAHITA DENGAN METODE VAKT (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK, DAN TAKTIL)
Abstrak
Pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting di kehidupan bagi warga negara, dan juga termasuk pada anak berkebutuhan khusus juga diatur oleh negara. Anak berkebutuhan khusus dalam undang-undang disebutkan behak mendapatkan pendidikan yang bermutu. Bagi anak penyandang tunagrahita dalam proses belajar membaca, menulis, dan berhitung tentunya menhadapi hambatan dalam kognitifnya, penguasaan dan penggunaan Bahasa, kemampuan fisik motorik. Oleh karena itu mereka membutuhkan metode pembelajaran untuk meningkatkan kognitifnya. Tujuan review artikel ini adalah untuk mengkaji artikel ilmiah yang membahas metode ilmiah yang efektif untuk anak tunagrahita. Metode yang digunakan kajian Pustaka dengan sumber referensi diperoleh dari google scholar. Kriteria artikel yang digunakan sebagai referensi adalah jurnal yang dipublikasi 10 tahun terakhir dari tahin 2012-2021. Hasil dari review artikel yang dipilih menyatakan bahwa metode visual, audio, kinestetik dan taktil dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran bagi anak tunagrahita, dengan mengoptimalkan seluruh fungsi sensorik. Penerapan metode ini dianggap efektif untuk membantu anak tunagrahita dalam proses belajar khususnya membaca, menulis, dan berhitung. Dengan ini diharapkan mampu membantu meningkatkan prestasi belajar anak tunagrahita.
Unduhan
Referensi
Cooper, H. M. (1988). The Structure of Knowledge Synthesis. Knowledge In Society, 1, 104–126.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Desy Liliana, P., Dwi Hastuti, W., & Huda, A. (2020a). Metode VAKT untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita. 6, 77–82. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo
Fauziah, A. Y., & Fajar Pradipta, R. (2018). Implementasi Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI (Vol. 4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p082
Kumilasari, D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Vokal (a, i, u, e, o) Melalui Metode VAKT bagi Anak Tunagrahita Sedang di SLB Talawi Sawahlunto, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.” http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Mulyono Abdurahman. (1996). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ngurawan, S. (2021). Penggunaan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka1-10 Pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas 1 SLB Maranatha Airmadidi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7, 455–458.
Rizal, R. J., Plb, J., Unp, F., Rifda, O. :, & Rizal, J. (2013). Mengatasi Substitusi Menulis Permulaan melalui Metode VAKT bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SDLB Negeri 20 kota Pariaman (Single Subject Research Kelas IV di SDLB Negeri 20 kota Pariaman) (Vol. 1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Siswantia, D., Plb, J., Unp122, F., & Siswanti, D. (2012a). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode VAKT Dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Yulinda, O. :, Tarmansyah, & Kasiyati. (2013b). Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Konsonan Bilabial [B] Melalui Metode Stimulasi Visual Auditoris Kinestetik Taktil Bagi Anak Tunagrahita Ringan. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Zulkifli, O. : (2013a). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1 Sampai 10 Melalui Metode VAKT Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Vol. 1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhuZulkifliJurusanPLBFIPUNP235
Keywords | : |
Kata Kunci:
tunagrahita, calistung, metode vakt mental retardation, calistung, vakt method
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-06-01
|
Cara Mengutip | : |
Jayanti, N. T., & Pratisti, W. D. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG ANAK TUNAGRAHITA DENGAN METODE VAKT (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK, DAN TAKTIL). Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 34–39. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1180
|
Terbitan | : |