PERANCANGAN MEDIA SMART BOOK: UPAYA MENGATASI KESULITAN ANAK TUNANETRA MEMBACA AKSARA ARAB

Cela Petty Susanti ( Universitas Darussalam Gontor )
Dwi Purwati ( Universitas Darussalam Gontor )
Rosendah Dwi Maulaya ( Universitas Darussalam Gontor )

Abstrak

Dalam Islam terdapat kewajiban menuntut ilmu terutama menuntut ilmu agama. Di Indonesia, menuntut ilmu diwujudkan melalui pendidikan berjenjang yang telah dijamin oleh negara. Namun, fakta bahwa anak tunanetra mengalami kesulitan belajar sehingga tidak mendapat hak pendidikan yang sama seperti anak normal menginisiasi penulis untuk melakukan penelitian ini. Dengan keterbatasan penglihatan, anak tunanetra seperti dihilangkan haknya untuk belajar. Maka dari itu, dalam penelitian ini penulis berusaha merancang satu disain media pembelajaran yang fungsinya untuk memudahkan anak tunanetra belajar mengenal huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran rancangan media belajar huruf hijaiyah yaitu smart book. Substansi yang diambil yaitu dalam pendidikan agama yang harus dikuasai pertama kali adalah sumber utamanya yakni Al-Qur’an. Sehingga, mengenal huruf hijaiyah yang merupakan dasar untuk membaca Al-Qur’an penting dikuasai terlebih dahulu. Penyusunan tulisan ini menggunakan metode prototype studi literatur yang merupakan penyelesaian persoalan masyarakat dengan menelusuri sumber-sumber tulisan yang pernah dibuat. Rancangan diisain yang dibuat dikembangkan dengan media berbasis pop-up book yang dapat diraba dan diidentifikasi suaranya. Adapun komponen teknologi digital yang dipakai berupa voice recognition, respiberry pi 4, loud speaker, dan papan huruf braille. Kelebihan dari smart book selain objeknya yang timbul, apabila diraba akan menghasilkan bunyi nama objek tersebut, terdapat cara bacaan yang benar sesuai dengan makhorijul huruf, terdapat nada dalam bacaannya. Diprediksikan dengan media pembelajaran yang disainnya simpel ini mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan efektif dan efisien, sehingga anak tunanetra dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan. Oleh karena itu, pengembangan media terkait menurut penulis perlu untuk disebarluasakan kepada anak penyandang tunanetra sebagai menunjang kegiatan belajar mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdi, Muhammad Alim, Dwi Nur Hayati, Umniah, Nurul Rismayanti, Nurlinda, Lilis Nur Hayati, And Nanang Roni Wibowo. 2021. “Al-Qur ’ An Braille Board Interpreter Glove Bagi Tunanetra Dalam Mengatasi Buta Aksara Arab.” Journal Teknologi Terpadu 9(2):142–50.

Adhi, Ardhia Pramesti, Ratih Listyaningtyas, And Sistriadini Alamsyah Sidik. N.D. “Penggunaan Media Pembelajaran Balok Iqra ’ Braille Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Iqra’ Anak Dengan Hambatan Penglihatan.” Jurnal Unik Pendidikan Luar Biasa 2(15):7–14.

Alucyana, Raihana, And Dian Tri Utami. 2020. “Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah Di Paud.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 17(1):46–57.

Amani, Risca, Afdal Luthfi, Vikri Aflaha Qomari, Arisul Mahdi, And Sukree Langputeh. 2021. “The Innovation Of Maruo ’ S Popup Book To Help Children With Special Needs In Memorizing Alquran.” Khalofa: Journal Of Islamic Education 5(2):176–97.

Anas, Muhamad Azwar. 2017. “Studi Electro-Mechano-Acoustic Untuk Mengetahui Karakteristik Louspeaker Woofer.” Institut Teknologi Sepuluh November.

Arif, Muhamad, Mei Kalimatusyaroh, And Nur Rahayu Setyawati. 2021. “Optimalisasi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca.” Vox Edukasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 12(1):38–57.

Cahyani, Devi Dwi, And Maya Mustika Kartika Sari. 2020. “Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jcms 5(1):73–86.

Hidayat, And Adhitya Nugraha. 2015. “Perancangan Perangkat Elektronik Media Pembelajaran Iqra Dalam Kode Braille.” Jurnal Sistem Komputer 5(2):65–71.

Imroatun. 2017. “Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini.” Pp. 175–88 In Annual Conference On Islamic Early Childhood Education. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Iryani, Eva. 2017. “Al- Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17 17(3):66–83.

Istanti, Wati. 2016. “Pengembangan Buku Pengayaan Apresiasi Sastra Berhuruf Braille Indonesia Dengan Media Reglet Bagi Siswa Tunanetra Di Sekolah Inklusi Kota Surakarta.” Journal Indonesian Language Education And Literature 2(1):76–87.

Joni, Rama, Abdul Rahman, And Eka Yanuarti. 2020. “Strategi Guru Agama Desa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Warga Desa.” Joeai (Journal Of Education And Instruction) 3(1):59–74. Doi: Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V3i1.1289 Strategi.

Mambela, Sambira. 2018. “Tinjauan Umum Masalah Psikologis Dan Masalah Sosial Individu Penyandang Tunanetra.” Jurnal Buana Pendidikan 16(25):65–73.

Matin, Rapi Halipani, Euis Ety Rohaety, And Lenny Nuraeni. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah.” Jurnal Ceria 2(2):49–56.

Pamungkas, Fajar Yoga, And Ratih Kuniasari. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Promosi Gizi Dengan Huruf Braille Bagi Penyandang Tunanetra: Literature Review.” Mppki: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia The Indonesian Journal Of Health Promotion 5(7):769–74.

Pangestu, Abim Ridho, And Agung Purwanto. 2021. “Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan iqra Untuk Anak Berbasis Android.” Eject: E-Journal Computer, Technology And Information System 01(01):1–6.

Purba, Asnan, And Maturidi. 2019. “Mendidik Anak Dalam Mencintai Al- Qur ’ An: Studi Kasus Di Tpa Darussalam Al-Hamidiyah Bogor.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 08(02):347–68.

Ridlo, Muhammad Abdurrasyid, Susanti Vera, And Ecep Ismail. 2022. “Studi Tematik Hadis Tentang Keutamaan Membaca Al-Qura.” Pp. 93–103 In He 2nd Conference On Ushuluddin Studies. Vol. 8.

Ritonga, Muhammad Rizki, Nurul Fadillah, And Liza Fitria. 2019. “Sistem Kendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Melalui Media Wireless Fidelity Menggunakan Voice Recognition Secara Real Time.” Infotekjar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan 3(1).

Rosalina, Citra Dewi, And Risma Nugrahani. 2019. “Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini.” Seling: Jurnal Progam Studi Pgra 5(1):54–63.

Rosmino, Lediana Rosa, S. T. Asdianti, Resky Rahmayanti, And Fitriani. 2021. “Implementasi Media Pembelajaran Domino Braille Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Tunanetra.” Jurnal Pedagogika 12(2):176–83.

Rudiyati, Sari. 2010. “Pembelajaran Membaca Dan Menulis Braille Permulaan Pada Anak Tunanetra.” Jassi_Anakku 9(1):57–65.

Sa, Hilda Yana, Asmirah, And Andi Burchanuddin. 2021. “Pendampingan Anak Tunanetra Slb-A Yapti Kota Makassar.” Jurnal Sosiologi Kontemporer 1(2):63–66.

Safitri, Ani, And Jihan Solehatun Nisa. 2020. “Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Belajar Angka Hijaiah.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14(2):85–93. Doi: 10.32832/Jpls.V14i2.3593.

Safri, Meilia, Sri Adelila Sari, And Marlina. 2017. “Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 05(01):107–13.

Sattria, Rani. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Braille Melalui Media Kartu Huruf Anak Tunanetra.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1(3):332–43.

Setiarani, Suci, And Yudhie Suchyadi. 2018. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tunanetra Berprestasi.” Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 01(September):15–18.

Tanjung, Bunga Shashilya, And Mega Iswari. 2019. “Sekolah Inklusi.” 7(2011):73–77.

Walingkas, Irene Saktini, Meicsy E. I. Najoan, And Brave Angkasa Sugiarso. 2019. “Perpaduan Sensor Ultrasonik Dengan Mini Computer Raspberry Pi Sebagai Pemandu Robot Beroda.” Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer 8(3):121–32.

Widiyaningtyas, Triyanna. 2012. “Aplikasi Pembelajaran Huruf Braille Berbasis Mobile Phone.” Jurnal Teknologi Pendidikan 18(1):63–70.


Keywords  :  
Kata Kunci: smart book, anak tunanetra, huruf hijaiyah, pop up smart book, visually impaired children, hijaiyah letters, pop ups
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-03
Cara Mengutip  :  
Susanti, C. P., Purwati, D., & Maulaya, R. D. (2023). PERANCANGAN MEDIA SMART BOOK: UPAYA MENGATASI KESULITAN ANAK TUNANETRA MEMBACA AKSARA ARAB. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 131–140. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1174
Terbitan  :