PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR MATERI PERPINDAHAN KALOR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AMBON

Nur Hamida Siregar ( Universitas Darussalam Ambon )

Abstrak

Mutu pendidikan di Indonesia menempati posisi terburuk (posisi ke-12) di kawasan Asia dari 12 negara yang disurvei tahun 2010 oleh PERC, sehingga diperlukan upaya guru yang lebih untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan. Salah satunya upaya yang dialakukan yaitu melalui penerapan model pembelajaran yang baik dan sesuai karakteristk mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar materi perpindahan kalor pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambon melalui penerapan pendekatan kontekstual dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan sampel sebanyak 40 siswa kelas VII6. Hasil penelitian didapatkan rerata skor pencapaian awal yaitu 29,22 (kualifikasi gagal). Sedangkan selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw didapatkan rerata pencapaian kognitif siswa yaitu 83,34 (kualifikasi baik),  rerata pencapaian afektif  yaitu 82,66 (kualifikasi baik),   dan rerata pencapaian psikomotor yaitu 88,75 (kualifikasi baik). Sementara ada hasil tes formatif didapatkan rerata skor pencapaian yaitu 74,77 (kualifikasi cukup),  dan rerata pencapaian nilai akhir yaitu 81,71 (kualifikasi baik). Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti membantu siswa kelas VII6 SMP Negeri2 Ambon Angkatan 2013 dalam mencapai hasil belajar IPA materi perpindahan kalor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2008). Guru profesional implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan

sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter menjawab tantangan multidimensional. Jakarta:Bumi Aksara.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. . (2010). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group. Sidharta, J. (2017). Peringkat Pendidikan Indonesia di Dunia.https://www.youthcorpsindo

nesia.org/home/

Sudjiono, A. (2006). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Sudjiono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Model pembelajaran inovatif berorientasi kontstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wenno, I. H. (2010). Desain penelitian pendidikan dan teknik analisis data. Yogyakarta: Grafika Indah.


Keywords  :  
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, Perpindahan Kalor Cooperative Learning Model, Jigsaw, Student Learning Outcomes, Heat Transfer
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-06-30
Cara Mengutip  :  
Siregar, N. H. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR MATERI PERPINDAHAN KALOR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AMBON. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 208–223. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.116
Terbitan  :