MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY

Nofitaria Nofitaria ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Sundahry Sundahry ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Apdoludin Apdoludin ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Yogi Irdes Putra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Tujuan penelitian ntuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus masing masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode Course Review Horay dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 094/II Muara Bungo. Berdasarkan hasil penelitian, Rincian hasil observasi pendidik pada siklus I dengan rata-rata aktivitas pendidik 96,99%, pada siklus II rata-rata aktivitas pendidik 96,99% dengan katogori sangat baik. Hasil observasi siswa siklus I data analisis aktivitas siswa sebesar 62,5% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Disimpulkan penggunaan metode Course Review Horay dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Afriyana, N., Sunarto, S., & Asiani, R. W. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 07 MUARO JAMBI. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Astuti, T., Suwatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbantuan media question card terhadap hasil belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 240–251.

Dahry, S., Avana, N., Aprizan, A., & Jumiyatun, J. (2020). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Course Review Horay (Crh) Di Kelas IV SD N 65/ii Sungai Bangsat Kecamatan Pelepat. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(2), 49–55.

Dahry, S., & Putra, Y. I. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 712–720.

Kaminar, K. (2016). Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Partisipasi, dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–10.

Karo-Karo, D., & Nurina, S. D. F. (n.d.). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DENGANMENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SD NEGERI 050671 KAMPUNG GOHOR. SEMINAR NASIONAL PGSD UNIMED, 1(1).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Prameswari, K. K., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran course review horay (CRH) berbantuan media lingkungan sekolah terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Rahayu, S. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(3).

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jakarta: indeks.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Wiyoko, T., & Detika, A. (2021). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 15–21.


Keywords  :  
Kata Kunci: Proses, Hasil Belajar, Course Review Horay Procces, Learning Outcomes, Course Review Horay
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-01
Cara Mengutip  :  
Nofitaria, N., Sundahry, S., Apdoludin, A., & Putra, Y. I. (2023). MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 50–56. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1141
Terbitan  :