PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR KOTA JAMBI

Titin Kusayang ( Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci )
Resti Puspa Reni ( Institut Agama Islam (IAI) Muhammad Azim Jambi )
Nosi Qadariah ( Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci )
Mulza Rois ( STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui pendekatan scientific di Taman Kanak-kanak Al-Azhar Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teknik snowball sampling.  Subjek dalam penelitian ini adalah empat guru dan 80 siswa di kelas TKB. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi setelah itu data akan dianalisis dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  pertama, kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di taman Kanak-kanak kota Jambi masih ada yang belum berkembang dengan baik, salah satunya pada saat anak harus menerapkan ilmu yang sudah mereka dapat di sekolah. Kedua, Pendekatan scientific perlu digunakan dalam pengembangan kemampuan kognitif pada anak karena dengan pendekatan scientific anak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dengan cara yang menyenangkan dan menarik, sehingga sikap-sikap ilmiah anak dapat terbentuk sedari dini, seperti sikap jujur, sikap ingin tahu, sikap obyektif, dan terlebih lagi ketika adanya masalah serta adanya keinginan memecahkan masalah tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akhmadi, A. (2015). Pendekatan Saintifik Metode Pembelajaran Masa Depan. Yogyakarta: Araska.

Alba, A. (2010). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. doi: 10.24090/insania.v15i3.1552

Hasnida. (2016). Panduan Pendidik dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Luxima.

Husin, S. H., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa PANDEMI Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581–595. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.780

Kusayang, T., & Amin, R. (2019). Penggunaan Media Papan Flanel dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak di TK Mutiara Al-Madani Kota Sungai Penuh. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 17(2), 189–206. doi: 10.30631/innovatio.v17i2.55

Maghfiroh Shofia, D. S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Marisson, G. S. (2008). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (p. 186). Jakarta: PT. Indeks.

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.508

Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kognitif, Pendekatan Saintifik, Anak Usia Dini cognitive, scientific approach, early childhood.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-03
Cara Mengutip  :  
Kusayang, T., Reni, R. P., Qadariah, N., & Rois, M. (2023). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR KOTA JAMBI. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1118
Terbitan  :