PENGARUH DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP SIKAP KRITIS MAHASISWA PADA MATERI LARUTAN

Aswana aswana ( Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo )

Abstrak

Pembelajaran kimia pada materi larutan membutuhkan kreaktifitas yang sangat tinggi untuk meningkatkan sikap kritis mahasiswa dalam mengemukakan pendapat pada penentuan konsentrasi zat. Untuk itu  dosen dituntut  kreatif dalam  pemilihan dan penerapan strategi, metode, model atau pendekatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning dan Motivasi terhadap sikap kritis mahasiswa pada  materi Larutan di Fakultas Pertanian  Universitas Muara Bungo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian  eksperimen yang dilakukan terhadap 2 kelas sampel, dan setiap kelasnya berjumlah 30 mahasiswa dengan masing-masing diberi perlakuan yang berbeda. Data penelitian  diperoleh dari angket akhir untuk kedua kelas sampel. Hasil angket akhir dianalisis dengan mengunakan uji normaliatas, homogenitas dan analisis varian (ANAVA) satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa F hitung > F tabel  yaitu 8,23 > 4,18, disimpulkan bahwa terdapat perngaruh motivasi dan sikap kritis antara mahasiswa yang diajarkan metode Discovery Learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Annurahman, 2010, Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.

Ennis, R.H., 1996, Critikal Thinking, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Ellizar,dkk, 2013, Pengaruh Motivasi dan Pembelajaran Kimia Menggunakan Modul dan Tanpa Modul Terhadap Hasil Belajar Kimia Di RSMA-BI, hal.1-8, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Haryati, dkk, 2013, Pemanfaatan Media Animasi dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 2 Pekanbaru, hal. 1-6, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husnidar. dkk, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematika Siswa, Jurnal Didakdik Matematika, Banda Aceh, 1(1): 71-81.

Sadia, I.W. 2007. Pembelajaran kontektual. Makalah. Disajikan pada pelatihan PKBM di UPTD BPKB Provinsi Bali, Tanggal 15 Agustus 2019.

Sani, A. R. 2014. Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Grafindo persada, Jakarta.

Silberman, M., 2013, Pembelajara Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif, PT. Indexs, Jakarta.

Supardi, U. S 2011. Aplikasi Statistik dalam Penelitian, Change Publication, Jakarta.

Supardi, 2015, Penilaian Autentik, PT. Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.

Taufik. M, dan Husna, K. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Accelerted Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Almuslim.

Thorset, P. 2002, Discovery Learning Online at http: // www.thingking.com/contest/edu/phd_rchves/EPRS8500_DiscLrningThry.PDF

Uno, B. H. 2006. Teori Motivasi dan Pengukuran. Bumi aksara, Jakarta.


Keywords  :  
Kata Kunci: Discovery Learning, Motivasi, Sikap kritis Discovery Learning, Motivation, Critical Attitude
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-06-30
Cara Mengutip  :  
aswana, A. (2019). PENGARUH DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP SIKAP KRITIS MAHASISWA PADA MATERI LARUTAN. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 224–237. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.110
Terbitan  :