PENGARUH DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP SIKAP KRITIS MAHASISWA PADA MATERI LARUTAN
Abstrak
Pembelajaran kimia pada materi larutan membutuhkan kreaktifitas yang sangat tinggi untuk meningkatkan sikap kritis mahasiswa dalam mengemukakan pendapat pada penentuan konsentrasi zat. Untuk itu dosen dituntut kreatif dalam pemilihan dan penerapan strategi, metode, model atau pendekatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning dan Motivasi terhadap sikap kritis mahasiswa pada materi Larutan di Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap 2 kelas sampel, dan setiap kelasnya berjumlah 30 mahasiswa dengan masing-masing diberi perlakuan yang berbeda. Data penelitian diperoleh dari angket akhir untuk kedua kelas sampel. Hasil angket akhir dianalisis dengan mengunakan uji normaliatas, homogenitas dan analisis varian (ANAVA) satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa F hitung > F tabel yaitu 8,23 > 4,18, disimpulkan bahwa terdapat perngaruh motivasi dan sikap kritis antara mahasiswa yang diajarkan metode Discovery Learning.
Unduhan
Referensi
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Annurahman, 2010, Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.
Ennis, R.H., 1996, Critikal Thinking, Prentice Hall Inc, New Jersey.
Ellizar,dkk, 2013, Pengaruh Motivasi dan Pembelajaran Kimia Menggunakan Modul dan Tanpa Modul Terhadap Hasil Belajar Kimia Di RSMA-BI, hal.1-8, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.
Haryati, dkk, 2013, Pemanfaatan Media Animasi dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 2 Pekanbaru, hal. 1-6, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Husnidar. dkk, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematika Siswa, Jurnal Didakdik Matematika, Banda Aceh, 1(1): 71-81.
Sadia, I.W. 2007. Pembelajaran kontektual. Makalah. Disajikan pada pelatihan PKBM di UPTD BPKB Provinsi Bali, Tanggal 15 Agustus 2019.
Sani, A. R. 2014. Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Grafindo persada, Jakarta.
Silberman, M., 2013, Pembelajara Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif, PT. Indexs, Jakarta.
Supardi, U. S 2011. Aplikasi Statistik dalam Penelitian, Change Publication, Jakarta.
Supardi, 2015, Penilaian Autentik, PT. Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.
Taufik. M, dan Husna, K. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Accelerted Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Almuslim.
Thorset, P. 2002, Discovery Learning Online at http: // www.thingking.com/contest/edu/phd_rchves/EPRS8500_DiscLrningThry.PDF
Uno, B. H. 2006. Teori Motivasi dan Pengukuran. Bumi aksara, Jakarta.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Discovery Learning, Motivasi, Sikap kritis Discovery Learning, Motivation, Critical Attitude
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2019-06-30
|
Cara Mengutip | : |
aswana, A. (2019). PENGARUH DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP SIKAP KRITIS MAHASISWA PADA MATERI LARUTAN. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 224–237. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.110
|
Terbitan | : |