ANALISIS PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstrak
Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan mendasar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA pada sebuah SMA Negeri di Pariaman. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi dan tes pemahaman konsep matematis yang sudah teruji valid dan reliabel. Hasil penelitian, motivasi belajar dari 49% peserta didik berada pada kategori sedang dengan persentase capaian 34% s.d. 66% dan lainnya pada kategori tinggi dengan persentase capaian 67% s.d. 99%, mempengaruhi tingkat pemahaman konsep matematis peserta didik.
Unduhan
Referensi
Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1062–1070. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.591
Antipolo, J. (2021). Game-Based Learning: Learn Math While You Play With It. Academia Letters, April 2021, 1–7. https://doi.org/10.20935/al889
ARIANI, D. W. (2016). Why Do I Study? the Mediating Effect of Motivation and Self-Regulation on Student Performance. Business, Management and Education, 14(2), 153–178. https://doi.org/10.3846/bme.2016.329
Astuti, E. (2016). KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP/ MTs DI KECAMATAN PREMBUN. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2(2), 65–75.
Asvio, N., Arpinus, & Suharmon. (2017). The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students’ Learning Achievement of Management of Islamic Education, Study Program of Iain Batusangkar In 2016. Noble International Journal of Social Sciences Research ISSN, 2(2), 16–31.
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/555/415
Fatmawati, F., & Effendi, Z. M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Nilai Mid Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 399. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7411
Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 134. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848
Ismayanti, D. (2016). Salinan Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–11.
Isnaini, J. F., & Azhar, E. (2021). Mathematics learning independence: The relationship of youtube as a media for mathematics learning. Desimal: Jurnal Matematika, 4(2), 177–184. https://doi.org/10.24042/djm
Kember, D. (2016). Understanding the Nature of Motivation and Motivating Students through Teaching and Learning in Higher Education. In Understanding the Nature of Motivation and Motivating Students through Teaching and Learning in Higher Education. https://doi.org/10.1007/978-981-287-883-0
Lazowski, R. A., & Hulleman, C. S. (2016). Motivation Interventions in Education: A Meta-Analytic Review. Review of Educational Research, 86(2), 602–640. https://doi.org/10.3102/0034654315617832
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Moreno, R. (2010). Educational Pschology. i–718.
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 51.
Solahudin, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. METATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 12–24.
Sulaiman, H., Shabrina, F., & Sumarni, S. (2021). Tingkat Self Esteem Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Matematika Daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 189–200. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.883
Taurina, Z. (2015). Students Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance Aystem. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), 5(4), 2625–2630. https://infonomics-society.org/wp-content/uploads/ijcdse/published-papers/special-issue-volume-5-2015/Students-Motivation-and-Learning-Outcomes-Significant-Factors-in-Internal-Study-Quality-Assurance-System.pdf
Tohidi, H., & Jabbari, M. M. (2012). The effects of motivation in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2011), 820–824. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.148
Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(12), 1629–1638.
Yanda, K. O., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3428
Zamsir, Masi, L., & Fajrin, P. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1–12.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Deskriptif Concept Understanding Ability, Learning Motivation, Descriptive
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-06-02
|
Cara Mengutip | : |
Mirna, M., Mudjiran, M., Aysi, R., & Murni, D. (2023). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 96–107. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1054
|
Terbitan | : |