PERAN DALIHAN NA TOLU DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN IPA PADA ETNOSAINS: PERSPEKTIF FILSAFAT

Gunaria Siagian ( Universitas Nommensen Pematangsiantar )
Titis Wulandari ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Lufri Lufri ( Universitas Negeri Padang )
Asrizai Asrizai ( Universitas Negeri Padang )
Hardeli Hardeli ( Universitas Negeri Padang )

Abstrak

Konsep yang mendasar dalam organisasi adat Batak Toba adalah marga. Marga adalah sekelompok orang yang berasal dari kakek yang sama dan mengikuti garis keturunan dari sang ayah yang disebut patrilineal. Adat Batak Toba, terjalin erat hubungan kekerabatan dengan“Dalihan na tolu”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pendidikan IPA multidimensional pada etnosains Dalihan na tolu  dalam perpektif ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Studi ini merupakan studi literatur (library reseach) dengan sumber data berupa artikel penelitian terdahulu yang memiliki topik terkait pendidikan IPA, konsep IPA, etnosains, dan Dalihan na tolu dengan menggunakan metode literature review artikel tahun terbit 2017-2022, menggunakan keyword atau kata kunci Dalihan na tolu. Dengan tahapan yaitu: (1) Pencarian dan penyajian literatur, (2) Proses analisis, (3) Penyusunan artikel. Hasil penelitian bahwa (1) hakikat pembelajaran IPA dapat diklasifikasikan menjadi tiga dimensi yaitu IPA sebagai produk, IPA sebagai Proses, dan IPA sebagai sikap; (2) Dalihan na tolu merupakan falsafah yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Batak Toba (3) etnosains dalihan na tolu unsur konsep kekeluargaan dan dapat diintegrasikan dalam konsep IPA seperti mata pelajaran Biologi, Matematika, dan Fisika (4) beberapa model pembelajaran dengan pendekatan etnosains dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, sikap konservasi, dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bp, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2(1), 1–8.

Butarbutar, E. N. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Prinsip Dalihan Natolu Sebagai Hak Konstitusional Masyarakat Adat Batak Toba. Jurnal Konstitusi, 16(3), 488. Https://Doi.Org/10.31078/Jk1633

Cahyono, S., Surasni, N. K., & Hermanto, H. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Sektor Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jmm Unram - Master Of Management Journal, 8(4), 323–337. Https://Doi.Org/10.29303/Jmm.V8i4.455

Fatimah, S., & Kartika, I. (2013). Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Al Badiyah, 5(2), 281–297.

Firmando, H. B. (2021). Kearifan Lokal Sistem Kekerabatan Dalihan Na Tolu Dalam Merajut Harmoni Sosial Di Kawasan Danau Toba. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 16–36. Https://Doi.Org/10.29103/Aaj.V5i1.4613

Hasnidar, Tamsil, A., Muhammad Akram, A., & Hidayat, T. (2021). Analisis Kimia Ikan Sapu-Sapu (Pterygoplichthys Pardalis Castelnau 1855) Dari Danau Tempe Sulawesi Selatan, Indonesia: Chemical Analysis Of Amazon Sailfin Catfish Pterygoplichthys Pardalis (Castelnau 1855) From Tempe Lake South Sulawesi, Indonesia. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 24(1), 78–88. Https://Doi.Org/10.17844/Jphpi.V24i1.33892

Hutagalung, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Discovery Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp.

Lubis, S. S., & Sahyar, S. (2020). The Development Of High School Physics Textbooks Based On Batak Culture. Journal Of Physics.

Lumbanbatu, H. (2019). The Role Of Dalihan Na Tolu In Completing Violence Problems In Household (Kdrt) In Humbang Hasundutan District. Jom Fisip, 6(Ii), 1–15.

Lubis Nm, Joebagio H, Pelu M. 2019. Dalihan Na Tolu Sebagai Kontrol Sosial Dalam Kemajuan Teknologi. 13(1),

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, Dan Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sains.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V11.530

Panggabean,Suvriadi,Dkk. 2021. Konsep Dan Strategi Pembelajaran, Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Rahayu Ar. 2018. Pengantar Pemerintahan Daerah Teori Hukum Dan Aplikasinya, Jakarta, Sinar Grafika.

Situmorang, O., & Sibarani, R. (2021). Tradisi Budaya Dan Kearifan Lokal Paulak Une Dan Maningkir Tangga Pada Pernikahan Batak Toba Di Desa Sigapiton Kecamatan Ajibata: Kajian Antropolinguistik. Kompetensi, 14(2), 82–91. Https://Doi.Org/10.36277/Kompetensi.V14i2.49

Suwandani L, Sudjarwo, Jalmo T. 2022. Pengaruh Pendekatan Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Di Tinjau Dari Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 129-137.

Sudarmin, M.Si, D. (2014). Dilarang Mengutip Sebagian Atau Seluruh Buku Ini Dalam Bentuk Apapun Tanpa Izin Dari Penerbit (3rd Ed.). Swadaya Manunggal.

Untari, D., & Muliadi, W. (2019). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Tkq Al Ukhuwwah Bandung.

Widya, A., N, M. A., Herawati, S., & Siti Zubaidah. (2017). Integrating The Social Interaction System Of Dalihan Na Tolu Into The Problem Based Learning On Biology Subjects To Increase Students’ Achievement. International Journal Of Science And Research (Ijsr), 6(1), 1358–1362. Https://Doi.Org/10.21275/Art20164342


Keywords  :  
Kata Kunci: Dalihan Na Tolu, etnosains, literature review Dalihan Na Tolu, ethnoscience, literatur review
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-03
Cara Mengutip  :  
Siagian, G., Wulandari, T., Lufri, L., Asrizai, A., & Hardeli, H. (2023). PERAN DALIHAN NA TOLU DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN IPA PADA ETNOSAINS: PERSPEKTIF FILSAFAT. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 152–157. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1049
Terbitan  :