PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) IPA FISIKA SISWA KELAS VII SMP
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar IPA FISIKA dengan menerapkan model pembelajaran pada materi Suhu dan kalor kelas VII di SMP Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Tahun Ajaran 2022/2023, dilakukan penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar IPA lima tahun terakhir sampai tahun 2021/202, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan hal ini disebabkan siswa menganngap IPA itu mata pelajaran yang sulit terutama IPA Fisika karena hasil belajar siswa kelas VII di SMP Swasta Dr. Wahidin , untuk itu perlu menggunakan metode dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada keterampilan proses sains siswa. penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang modelnya dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes pretest dan postest dengan populasi sebanyak 210 siswa yang tersebar pada 7 kelas paralel dan diambil satu kelas dengan 30 siswa sebagai sampel. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dilakukan dengan analisis interaktif. Penggunaan model pembelajaran inquiry Training memberikan pengaruh baik tehadap peningkatan keterampilan proses sains. Penelitian dilakukan dalam prasiklus dan dua siklus. Pada pra siklus tanggal 5 September 2022 dengan pretest dengan nilai ketuntasan hanya 16,67 %, pada siklus I pada tanggal 12 September 2022, ketuntasan 76,67%. Kemudian dilakukan lagi perbaikan pembelajaran pada siklus II, pada tanggal 19 September 2022, dengan inquiry training, ketuntasan 83,33 %.
Unduhan
Referensi
Dewi, C. A., Sayekti, I. C., & Khanifah, S. (2022). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipa siswa kelas V SD negeri 1 metuk. Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 211–219.
Putra, R. E., Wulandari, T., Hakiki, M., & Epriyani, N. (2021). Peningkatan proses dan hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning pada pembelajaran IPA kelas IV. JIPTI, 2(2), 84–92.
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Saanatun. (2017). The Model of Inquiry Training Learning with Physics Comic and Creativity to Improve Science Process Skill. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 8. https://doi.org/10.22611/jpf.v6i1.6338
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. Mes journal of mathematics education and sains, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Tujantri, H., Wulandari, T., Prasetyo, O. D., & Saputra, N. W. (2022). Peningkatan literasi sains menggunakan problem based learning berbasis pembelajaran smart classroom pada matakuliah ilmu alamiah dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 255–261.
Wiyoko, T., Wulandari, T., Megawati, M., Avana, N., & Putra, R. (2021). Case Study of The Utilization Zoom Cloud Meeting for Natural Science Learning PGSD STKIP Muhammdiyah Muara Bungo Students. Proceedings of the 1st International Seminar on Teacher Training and Education, ISTED 2021, 17-18 July 2021, Purwokerto, Indonesia. Proceedings of the 1st International Seminar on Teacher Training and Education, ISTED 2021, 17-18 July 2021, Purwokerto, Indonesia, Purwokerto, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.17-7-2021.2312388
Keywords | : |
Kata Kunci:
Inkuiri Training, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains Inquiry Training, learning outcomes, science process skills
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-06-09
|
Cara Mengutip | : |
Juanta, P., NK Nababan, M., Sijabat, A., Yohandri, Y., & Festiyed, F. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) IPA FISIKA SISWA KELAS VII SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 204–208. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1041
|
Terbitan | : |