PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS III SD

Nurlev Avana ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Subhanadri Subhanadri ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ambiyar Ambiyar ( Universitas Negeri Padang )
Ishak Aziz ( Universitas Negeri Padang )
Desmawati Desmawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 111/II Bukit Telago Pelepat masih tergolong rendah, interaksi pendidk dan peserta didik belum terlihat, proses belajar yang bersifat teacher centered atau berpusat pada pendidik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Kooperatif TipeTeam Assisted Individualiation di kelas III SD Negeri 111/II Bukit Telago Pelepat pada Proses dan Hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah Peserta didik Kelas III SD Negeri 111/II Bukit Telago Pelepat dengan jumlah 15 peserta didik, penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus di laksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan masing-masing siklus di lakukan dua kali pertemuan. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika kelas III SD Negeri 111/II Bukit Telago Pelepat. Hal ini dapat terlihat dari hasil tes pada siklus I, hanya 7 atau 46,66% peserta didik yang memperoleh nilai dalam kriteria ketuntasan minimal aitu 62 dan 8 atau 53,33% yang belum mencapai kriteria ketuntasan. Hasil belajar peserta didik meningkat sangat baik pada siklus II. Dari 26,66% (observasi awal), menjadi 46,66% (siklus I) dan 86,66% (siklus II) dan proses belajar peserta didik siklus I pertemuan I 68,33% dan pada pertemuan ke II meningkat menjadi 75,00%, sedangkan pada siklus II pertemuan I 79,17% dan pada pertemuan ke II meningkat menjadi 90,00% hal ini sudah melampaui kategori yang telah ditentukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Armidi, N. L. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 390–395. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45869

Arikunto,S., Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Berliana, N.P. (2022). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), Volume 7 (1), 9-15.

Budiyono, A. ., Samosir, A. ., Dwiana, A. A. ., Budiarti, . B., Anggraini, F. ., Siregar, H. ., & Handika, H. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 764–772. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12798

Juliaarta, P.G.A., Sudana, D.N., & Arini, N.W. (2021). Peranan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Volume 5, Number 2, Tahun 2021, pp. 294-300

Susanto, A. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Yudhistira. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: PT Grasindo


Keywords  :  
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Team Assisted Individualization Mathematics learning outcomes, Team Assisted Individualization
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-22
Cara Mengutip  :  
Avana, N., Subhanadri, S., Ambiyar, A., Aziz, I., & Desmawati, D. (2023). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS III SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 230–239. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1039
Terbitan  :