PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMA V EKOSISTEM BERORIENTASI HOTS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Andri Valen ( Universitas PGRI Silampari )
Cahyo Dwi Andita ( Universitas PGRI Silampari )
Titi Maharani ( Universitas PGRI Silampari )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa di dalam memecahkan permasalahan yang muncul terkait pembelajaran IPA. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan Bahan Ajar tema V ekosistem berorientasi HOTS yang valid, praktis dan efektif untuk siswa kelas V SD. Hasil uji coba kepraktisan, diperoleh data dari uji coba untuk kelompok kecil adalah sebesar 92,78 % dan uji coba kepraktisan guru sebesar 90,48 % dengan klasifikasi sangat praktis. Oleh sebab itu, total dari data yang diperoleh yaitu memiliki persentase sebesar 91,63 % dengan klasifikasi sangat praktis. Uji efektifitas dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sumber Harta yang berjumlah 22 orang siswa. Rata-rata nilai pretest yang diperoleh siswa yaitu sebesar 44,09. Sedangkan rata-rata nilai posttest yang diperoleh oleh siswa sebesar 85, 09. Berdasarkan hasil data kedua tes yang dilakukan, maka tingkat keefektifan dari bahan ajar berdasarkan N-Gain sebesar 0,73 dengan klasifikasi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berorientasi HOTS dinyatakan efektif dan layak digunakan untuk membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, A. F. (2020). Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Matapelajaran IPS: Studi Kasus Siswa MTS Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik. Journal of Social Studies, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.35719/solidarity.v1i1.7

Al-Tabany, T. I.B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana

Azwar. S. (2015). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Fajriyah, K., & Agustini, F. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sd Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Elementary School.

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Numeracy, 6(2), 189-203.https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.475

Hidayah, N., & Rofi’ah, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Kelas VI. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 120–126. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11001

Hidayat & Irawan. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (2), Hal : 56

Setia Sari U, Asep Sukenda E, A. V (2020). Development Of Thematic Worksheet Based On Character Education For Fifth Graders Schools. Journal Of Educational Research And Evaluation, 9(1), 8–14.

Suana, W., Raviany, M., & Sesunan, F. (2019). BLENDED LEARNING BERBANTUAN WHATSAPP: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika,5(2).https://doi.org/10.30870/gravity.v5i2.4990

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif, Konsep, Landasan dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Pengembangan, Ekosistem, Bahan Ajar, HOTS, Sekolah Dasar Development, Ecosystem, Teaching Materials, HOTS, Elementary School
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-27
Cara Mengutip  :  
Valen, A., Andita, C. D., & Maharani, T. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMA V EKOSISTEM BERORIENTASI HOTS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 249–256. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1036
Terbitan  :