PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMP IT

Salmun Kaulan ( universitas sriwijaya )
Yunindyawati Yunindyawati ( Universitas Sriwijaya )
Waspodo Waspodo ( Universitas Sriwijaya )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas interaksi sosial peserta didik terhadap tingkat religiusitas peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang, serta untuk mengetahui besar pengaruh intensitas interaksi sosial peserta didik terhadap tingkat religiusitas peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner model skala Likert. Adapun populasi dari penelitian yaitu peserta didik SMP Islam Terpadu Harapan Mulia Palembang sebanyak 299 orang dengan sampel 70 orang melalui teknik sampling proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Intensitas Interaksi Sosial Terhadap Tingkat Religiusitas Peserta Didik SMP IT Harapan Mulia Palembang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linier. Dari pengujian tersebut diperoleh nilai sig sebesar 0,000 dan nilai α (0,000 < 0,05), maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan diterimanya Hₐ sebagai hasil analisis, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari intensitas interaksi sosial terhadap tingkat religiusitas peserta didikMP IT Harapan Mulia Palembang. Hasil uji koefisien determinasi R Square sebesar 0,874, menunjukkan bahwa variabel intensitas interaksi sosial mampu menjelaskan variabel tingkat religiusitas sebesar 87,4% dengan kata lain 87,4% tingkat religiusitas ditentukan oleh intensitas interaksi sosial yang dilakukan oleh peserta didik, sedangkan selebihnya sebesar 12,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwi Arifianto. (2018). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Skripsi Thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ancok, D. J dan Suroso, E. N. (2001). Psikologi Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ayub, M. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Koseling. Vol 7, No 1.

Baharuddin, J. (2021). Pengaruh Religiusitas Dan Perilaku Terencana Terhadap Minat Menggunakan Cashless Pada Masyarakat Kota Jayapura Dimasa Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1306-1312.

Daradjat, Zakiah. (2012). Ilmu Pendidikan Islam, Cet. X, Jakarta: Bumi Aksara.

Fridayanti. (2015). Religiusitas, Spritualitas Dalam Kajian Psikologi Dan Urgensi Perumusan Religiusitas Islam. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 2, No 2.

Hibana. (2015). Pengembangan Pendidikan Humanis Religiusitas Di Madrasah.

Hilalah, Nur. (2009). Tesis. Pelaksanaan Full Day School Di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan (Telaah Problematika Perkembangan Sosial Peserta Didik).

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan Ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat. (2005). Psikologi Komunikasi, Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Yunitasari, Putu Yeni. (2018). Hubungan Karakteristik Pasien Hipertensi Dengan Perilaku Kontrol Tekanan Darah Di Upt Kesmas Gianyar I Tahun 2018. Diploma Thesis, Jurusan Keperawatan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Intensitas, Interaksi Sosial, Religiusitas Intensity Of Social Interaction, Religiosity
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-02
Cara Mengutip  :  
Kaulan, S., Yunindyawati, Y., & Waspodo, W. (2023). PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMP IT. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 118–123. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1018
Terbitan  :