SIKAP BERBAHASA SISWA SD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI ERA DIGITAL 5.0
Abstrak
Bahasa daerah kerapkali menginterferensi penggunaan bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran. Padahal penggunaan bahasa di kelas termasuk jenis situasi resmi. Guru maupun siswa yang merupakan pengguna bahasa wajib menggunakan bahasa baku pada saat proses belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sikap berbahasa siswa SD pada pembelajaran tematik di era digital 5.0 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi. Peneliti mendeskripsikan sikap berbahasa siswa SD pada pembelaajran tematik di era digital 5.0. Sikap berbahasa siswa sekolah dasar di Kabupaten Pesawaran meliputi perasaan bangga terhadap bahasa yang dikuasai dan menerima suatu bahasa terhadap suatu bahasa. Perasaan bangga terhadap bahasa Indonesia juga ditunjukkan dengan penggunaan bahasa Indonesia dalam pembelajaran meskipun terkadang muncul bahasa kosakata bahasa Jawa. Sikap positif terhadap bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia untuk bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan dari guru, berdiskusi dengan teman dalam pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 98–104.
Creswell, John W. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harahap, S. S. A., & Harahap, N. (2022). Penggunaan Komunikasi Bahasa Gaul Dikalangan Siswa terhadap Bahasa Indonesia di SMK Nur Azizi Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14226–14232.
Marni, S. (2017). Penerapan Model Sinektik dalam Pembelajaran Menyusun Teks Fabel. The 1st International Seminar On Language, Literature, Art, And Culture (ISLLAC), 1(February).
Muliana, I. N., Subur, I. M., & Suarjaya, A. A. G. (2021). Sikap Positif Para Remaja di Desa Buduk Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung terhadap Bahasa Bali. WICAKSANA: Jurnal Lingkungan Dan Pembangunan, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.22225/wicaksana.5.1.2021.43-51
Mulyaningsih, I. (2017). Sikap Mahasiswa Terhadap Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 79. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1525
Putri, N. P. (2017). Eksistensi Bahasa Indonesia pada Generasi Milenial. Widyabastra, 05(1), 61–67. https://doi.org/10.1515/9783112372760-010
Raslimin, W. O., & Anhusadar, L. O. (2018). Penerapan Sikap Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa MTSN 1 Wakatobi. Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 115–135. https://doi.org/10.31332/zjpi.v4i1.1000
Sitohang, M. (2018). Penggunaan Bahasa Daerah Sebagai Bahasa Pengantar Di Kelas Rendah Sekolah Dasar Di Kota Palangka Raya. Suar Betang, 12(2), 129. https://doi.org/10.26499/surbet.v12i2.10
Sumadyo, B. (2013). Usaha Mempertebal Sikap Positif Terhadap Bahasa Indonesia. Deiksis, 5(2), 129–149.
Wardani, K. D. K. A., Gosong, M., & Artawan, G. (2013). Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia : Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. file:///C:/Users/Dell/Documents/886-Article Text-2693-1-10-20151208 (2).pdf
Zarma, R. N. (2022). Sikap Bahasa Masyarakat Gampong Sawah Indah Kecamatan Labuhan Haji Timur Kabupaten Aceh Selatan Terhadap Bahasa Indonesia. 16(2002), 93–98.
Keywords | : |
Kata Kunci:
sikap berbahasa, pembelajaran, tematik language attitudes, learning, thematic
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-12-01
|
Cara Mengutip | : |
Rohmawati, A., Pratiwi, D., Zubaedah, S., & Hendayani, S. (2022). SIKAP BERBAHASA SISWA SD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI ERA DIGITAL 5.0. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 335–339. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.1011
|
Terbitan | : |