PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DI KELAS V
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses dan hasil belajar yang rendah pada pembelajaran matematika di kelas V SDN 81/II Muara Bungo. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk peningkatkan proses dan hasil belajar matematika menggunakan model guided discovery learning di kelas V SDN 81/II Muara Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik Kelas V SDN 81/II Muara Bungo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Di SDN 81/II Muara Bungo atau penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis data Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa penggunaan model guided discovery learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika kelas V di SD 81/II Muara Bungo. Rincian hasil observasi pendidik pendidik pada siklus I dengan rata- rata sebesar 85,4% dan pada siklus II sebesar 93,5% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi peserta didik pada siklus I dengan persentase sebesar 68,2% dan siklus II sebesar 87,4%. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 68,2% meningkat menjadi 90,9% pada siklus II. Disimpulkan bahwa penggunaan model guided discovery learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Avana, Nurlev dkk. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas V SDN 219/II BTN Lintas Asri Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Tunas Pendidikan, (online), Vol. 2, No. 2, http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/article/view/254, diakses 30 Maret 2021)
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Astawa, I Gusti Lanang Gede Putri, dkk. 2018. Inovasi Pembelajaranku. Bali: Yayasan Er Institute
Faizah, Umi. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria. 5(1). 24-38.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Isrok’atun, dkk. 2020. Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Jawa Barat: UPI Sumedang Press
Keywords | : |
Kata Kunci:
Proses, Hasil, Guided Discovery Learning Process, Outcomes, Guided Discovery Learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-12-01
|
Cara Mengutip | : |
Avana, N., Jamaris, J., Solfema, S., Guswita, R., & Elmanda, S. (2022). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DI KELAS V. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 363–368. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.1008
|
Terbitan | : |