MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW KELAS IXA SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang Pembelajaran yang selama ini diterapkan sifatnya konvensional yaitu proses pembelajaran berpusat pada guru sehingga membuat siswa merasa bosan, tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran, sibuk sendiri dengan membuat keramaian di kelas yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IXA semester 1 SMPN 3 Muara Bungo tahun pelajaran 2018 / 2019 dalam mengikuti proses pembelajaran melalui model pembelajaran Jigsaw. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktifitas siswa sebesar 80,7 %, dengan rata-rata tes formatif sebesar 75,75 dan ketuntasan klasikal 84 % sedangkan pada ulangan harian /blok rata-rata sebesar 76,25 dengan ketuntasan klasikal 75 %.
Downloads
Keywords | : |
Keywords:
Aktifitas, hasil belajar, jigsaw Aktifitas, hasil belajar, jigsaw
|
Galleys | : | |
Published | : |
2020-11-12
|
How to Cite | : |
YULIHARTY, Y. (2020). MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW KELAS IXA SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 643–649. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.363
|
Issue | : |