PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS XII SMK NEGERI 10 MERANGIN
Abstract
Hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di Kelas XII SMK Negeri 10 Merangin masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa karena kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan apakah terdapat perbandingan metode pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS terpadu kelas XII SMK Negeri 10 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII. Sampel penelitian ini adalah kelas XII TSM sebagai kelas kontrol, dan kelas XII TKJ sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan cara melihat nila terendah dari dua kelas tersebut. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes tertulis berbentuk essay untuk mendapatkan data hasil belajar. Teknik pengolahan data menggunakan rumus t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan terhadap tes akhir dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning yaitu 78,61 dan pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu 63,05. Dari perhitungan thitung = 2,359 kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel = 2,042 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPS menggunakan metode Problem Based Learning dan metode Konvensional.
Downloads
References
Arief, Habibah Sukmini., Maulana., Sudin, Ali., (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1, No. 1 (2016) hal 141-150 https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/issue/view/400
Darmawati, Siti. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA kelas X Materi Ikatan Kimia. Jurnal Muara Pendidikan Volume 4 No 1, Juni 2019 hal 200-207.http://ejournal.stkip-mmb.ac.id /index.php/mp/article/view/119
Kemndikbud. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan 2017.https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017
Nurfajriyah, Derin., Aeni, Ani Nur., & Jayadinata, Asep Kurnia. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1, No. 1 (2016) hal 251-260.https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/issue/view/400
Ridwan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Keywords | : |
Keywords:
Problem Based Learning Method, learning outcome Problem Based Learning, Hasil Belajar
|
Galleys | : | |
Published | : |
2020-06-07
|
How to Cite | : |
Soidik, A., Solichin, E., & Safitri, E. (2020). PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS XII SMK NEGERI 10 MERANGIN. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 602–608. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.276
|
Issue | : |
Section
Articles
|