IMPLEMENTASI NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR MAHASISWA PASCA COVID DI ERA INDUSTRI 4.0

Tri Wera Agrita ( Universitas Muhammdiyah Muara Bungo )
M. Iqbal Al-Ihsan ( Universitas Muhammdiyah Muara Bungo )
Titis Wulandari ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Aprizan Aprizan ( Universitas Muhammdiyah Muara Bungo )

Abstract

Pasca pandemi Covid-19, kewirausahaan menjadi semakin penting dalam era industri 4.0, dimana para mahasiswa perlu dibekali dengan keterampilan dan nilai-nilai kewirausahaan yang dapat membantu mahasiswa untuk menjadi wirausahawan yang sukses di masa depan. Bertujuan dapat membantu mahasiswa menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan baru yang muncul dalam usaha paca pandemi covid-19. Selain itu, mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur juga dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan lapangan kerja baru dan memajukan perekonomian di Indonesia. Maka, peneliti membahas tentang implementasi nilai-nilai kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur pada mahasiswa pasca covid di era industri 4.0. Salah satunya menerapkan nilai-nilai kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Semester 5 Tahun Akademik 2022/2023.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa kuesioner melalui google form yang dibagikan melalui group WhatsApp dengan menggunakan 111 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa nilai-nilai kewirausahaan yang harus diterapkan dalam pendidikan mahasiswa pasca covid-19, seperti percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil risiko, menjadi seorang pemimpin, berorientasi pada tindakan dan orisinil. Selain itu, mahasiswa juga harus dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan suatu ide atau produk yang kreatif dan inovatif, serta dapat mengembangkan produksi, pengemasan dan melakukan pemasaran melalui media online dan offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan sangat penting untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur pada mahasiswa pasca covid-19 di era 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari, A., Darmawan, I., & Zakaria, S. (2020). Pengembangan Potensi Kewirausahaan Di Desa Cikeruh Melalui Program “Cikeruhpreneur” Dan Produk Unggulan “Pa’engsit.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 270. Https://Doi.Org/10.24198/Kumawula.V2i3.24701

Erwanada, N. H., Eryanto, H., & Rachmadani, R. F. (2022). The Effect Of Entrepreneurship Education On Entrepreneurial Intentions With Entrepreneurial Motivation As An Intervening Variable. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akuntansi, 2(3), 414–426. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.21009/Jpepa.007.X.X

Hasanah, M., & Ng Ratumbuysang, M. F. (2017). Strategi Peningkatan Minat Wirausaha Mahasiswa Melalui Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (Pkm-K) Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Socius, 6(02). Https://Doi.Org/10.20527/Jurnalsocius.V6i02.3478

Lackeus, M. (2020). Comparing the impact of three different experiential approaches toentrepreneurship education. International Journal of Entrepreneurial Behavior &Research, 26, 937–971. https://doi.org/10.1108/IJEBR-04-2018-0236

Nita, R. (2022). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila Dan Uud 1945 [Preprint]. Thesis Commons. Https://Doi.Org/10.31237/Osf.Io/Hnqt9

Panjaitan, R. (2022). Nascent Entrepreneur: A Systematic Review And Future Research Direction. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 65–71. Https://Doi.Org/10.55606/Jumbiku.V2i1.94

Pujaningsih, N. N. (2020). Penerapan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (Pkm) Dalam Penanggulangan Wabah Covid-19 Di Kota Denpasar. Jurnal Moderat, 6(3), 458–470. Http://Dx.Doi.Org/10.25157/Moderat.V6i3.3537

Siwiyanti, L. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day Embedding The Entrepreneurship Values Through Market Day Activity. 1(1).

Suryana. 2013. Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Wardhani, M. F., Puspitasari, D., & Mujib, M. (2022). Peran Menanamkan Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. 2.

Wulandari, T., Fathuroh, S., & Agrita, T. W. (2020). Implementasi Metode Moora Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Lokasi Terbaik Untuk Minyak Sawit Berkualitas Pada Kud Karya Mukti Berbasis Web. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (Jipti), 1(2), 84–91. Https://Doi.Org/10.52060/Pti.V1i2.406.


Keywords  :  
Keywords: Era industry, Nilai-nilai Kewirausahaan, Jiwa Entrepeneur Entrepreneurial Values, Entrepreneurial Spirit, industrial era
Galleys  :  
Published  :  
2023-06-01
How to Cite  :  
Agrita, T. W., Al-Ihsan, M. I., Wulandari, T., & Aprizan, A. (2023). IMPLEMENTASI NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR MAHASISWA PASCA COVID DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1193
Issue  :