PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA SMK

Shakti Alam Pangestu ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Arisman Sabir ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Fauziah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Larisman Larisman ( STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh, Indonesia )
Amal Hayati ( STKIP Yayasan Dharma Bakti Lubuk Alung, Indonesia )

Abstract

This study is motivated by the issue of delays and absenteeism among students at SMK Negeri 3 Bungo, which is largely influenced by excessive gadget use, especially for social media and online games. Uncontrolled gadget usage leads to sleep problems, stress, and concentration issues that affect attendance and punctuality. This research aims to observe the impact of gadget use on mental health at SMK Negeri 3 Bungo. This study employs a descriptive quantitative method to determine whether there is a causal relationship between gadget use and mental health at SMK Negeri 3 Bungo. The scale used is the ordinal scale, with the sample consisting of class X.TAV students from SMK Negeri 3 Bungo, selected using the Cluster Random Sampling technique. Data collection was done using questionnaires, and data analysis was performed using hypothesis testing or ANOVA. The research results show that gadget use has an impact on mental health at SMK Negeri 3 Bungo. The calculated t-value for the gadget use variable is 6.249, which is greater than the t-table value of 1.690, indicating that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected. This means, "There is an impact of gadget use on mental health at SMK Negeri 3 Bungo."

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fauziah, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Masalah keterlambatan dan ketidakhadiran peserta didik di SMK Negeri 3 Bungo sebagian besar dipengaruhi oleh penggunaan gadget yang berlebihan, terutama untuk media sosial dan game online. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol menyebabkan masalah tidur, stres, dan konsentrasi yang mempengaruhi kehadiran dan keterlambatan. Tujuan penilitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan mental di SMK Negeri 3 Bungo. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif deskriptif untuk menemukan ada tidaknya pengaruh hubungan sebab akibat antara pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan mental di SMK Negeri 3 Bungo. Skala yang digunakan adalah skala ordina, Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X.TAV SMK Negeri 3 Bungo dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling, teknik pengumplan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis atau uji ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental di SMK Negeri 3 Bungo, Dengan nilai t hitung variabel Penggunaan Gadget adalah 6,249 yang lebih besar dari nilai t tabel 1,690, menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya “Terdapat Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental di SMK Negeri 3 Bungo.

References

Axelta, A., & Abidin, F. A. (2022). Depresi Pada Remaja: Perbedaan Berdasarkan Faktor Biomedis dan Psikososial. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 9(1). https://doi.org/10.29406/jkmk.v9i1.3207

Bikriyah, N. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik di SMPN 166 Jakarta. Dalam Thesis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Handayani, I. (2019). Konsep Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dalam Pengembangan Positive Mental Attitude Generasi Z. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(1), 51–63. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1283

Kharista Saragih, L., & Budhijanto, D. (2020). Legal Protection Of Personal Data Against The Abuse Of Personal Data On The Social Media Platform Perlindungan Hukum Data Pribadi Terhadap Penyalahgunaan Data Pribadi Pada Platform Media Sosial (Vol. 6, Nomor 2). https://doi.org/10.30997/jhd.v6i2.2676

Kurniawati, P. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Dalam Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).

Kusumaningrum, D. (t.t.). Abstract The Relationship Between Intensity Of Gadget Use With Depression, Anxiety, And Stress In Students In Metro City.

Marendeng Majene, Stik. (t.t.). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja di SMA Negeri 2 Majene.

Miftahul Jannah, Mitsaqy Fitria Irdha, M. Malik Fajar Rambe, & T. Chantiqa Salsabilla Az-Zahra. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Remaja. Mutiara : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(1), 93–106. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i1.861

Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. SOSIETAS, 11(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36088

Setiawan, D., & Sukanti. (2016). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Karakteristik Individu Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 4(7).

Sugiyono. (2023). Sugiyono (2023. Jurnal Teknodik, 6115.

Vernandi, P. R., & Hernawan, E. (2023). Pengaruh Cash on Delivery, Promo Gratis Ongkir, dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Marketplace Shopee di Wilayah Kota Tangerang. Emabi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(1).


Keywords  :  
Keywords: Gadget Use; Mental Health; vocational school Penggunaan Gadget; Kesehatan Mental; SMK
Galleys  :  
Published  :  
2024-12-15
How to Cite  :  
Alam Pangestu, S., Sabir, A., Fauziah, Larisman, L., & Hayati, A. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA SMK. Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 431–438. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.2449
Issue  :