EVALUASI PELAKSANAAN SEKOLAH PENGGERAK DI SMA DENGAN MODEL EVALUASI CIPP
Abstract
Evaluasi pembelajaran penting untuk menentukan keberhasilan, pertumbuhan, dan kemajuan peserta didik setelah menyelesaikan proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Evaluasi kurikulum juga sama pentingnya dengan evaluasi pembelajaran yaitu kurikulum sekolah pengerak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana paradigma evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) digunakan untuk mengevaluasi kurikulum sekolah penggerak. Penelitian ini dalam pengumplulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen. Pengawas sekolah, perwakilan kurikulum, dan kepala sekolah berperan sebagai peserta penelitian. Pemilihan peserta studi dilakukan dengan purposive sampling. Statistik deskriptif digunakan dalam analisis data dan pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Temuan penelitian dengan menggunakan Context, Input, Process and Product (CIPP) dilihat dari aspek Context, Input, Process dan Product bahwa penerapan kurikulum sekolah penggerak telah sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran, kualitas kompetensi kepala sekolah, kualitas guru, percepatan digitalisasi sekolah dan profil pelajar pancasila.
Downloads
References
Aziz, A. N., Prastya, D. E., Jubba, H., & Wahyuni, H. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama di Sekolah Dasar Muhammadiyah 001 Sebatik Barat. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.409
Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.1553
Black, P., & Wiliam, D. (2018). Classroom assessment and pedagogy. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice. https://doi.org/10.1080/0969594X.2018.1441807
Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process Dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 37–53.
Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. 1–10.
Maba, W. (2017). Teacher’s perception on the implementation of the assessment process in 2013 curriculum. International Journal of Social Sciences and Humanities. https://doi.org/10.29332/ijssh.v1n2.26
Muji, A. P., Gistituati, N., Bentri, A., & Falma, F. O. (2021). Evaluation of the implementation of the sekolah penggerak curriculum using the context, input, process and product evaluation model in high schools. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(3), 377. https://doi.org/10.29210/020211231
Nurhasanah, Sukmawati, & Sukri, M. (2022). EVALUASI PROGRAM GURU PENGGERAK DI SMA KABUPATEN KUBU RAYA. XI, 1308–1320. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.57874
Pembelajaran., T. pengembang M. K. dan. (2011). Kurkulum dan Pembelajaran. In Jakarta: Rajawali Pers.
Purnomo, Y. H. P., Santoso, T. B., & Santoso, T. B. (2020). Evaluasi Program Seleksi Di Sekolah “XM” Dengan Metode Evaluasi CIPP. JEMAP. https://doi.org/10.24167/jemap.v3i2.2755
RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.
Umam, K. A., & Saripah, I. (2018). Using the Context, Input, Process and Product (CIPP) Model in the Evaluation of Training Programs. International Journal of Pedagogy and Teacher Education. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.26086
Widoyoko, E. P. (2000). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.1187/cbe.14-05-0084
Keywords | : |
Keywords:
Evaluasi Program, Sekolah Penggerak, CIPP Program Evaluation, Sekolah Penggerak, CIPP Model
|
Galleys | : | |
Published | : |
2023-06-02
|
How to Cite | : |
Rurisman, R., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2023). EVALUASI PELAKSANAAN SEKOLAH PENGGERAK DI SMA DENGAN MODEL EVALUASI CIPP. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 124–130. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1064
|
Issue | : |
Section
Articles
|