IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI ARITMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK

Ulfa Maysaroh ( a:1:{s:5:"en_US";s:21:"STKIP Budidaya Binjai";} )
Putri Pertiwi ( STKIP Budidaya Binjai )
Lilis Saputri ( STKIP Budidaya Binjai )

Abstrak

Profil pelajar Pancasila menggambarkan kompetensi dan karakter yang dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dan di terapkan oleh setiap peserta didik melalui program pendidikan,  profil pelajar Pancasila, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implmentasi terhadap kemampuan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran aritmatika melalui upaya untuk meningkatkan proyek penguatan profil Pancasila melalui tema kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Taruna Bangsa.. Sampelnya adalah siswa kelas X yang berjumlah 5 siswa. Kemampuan pemahaman peserta didik ditentukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi yang digunakan untuk pengambilan data. Data ini kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap pemahaman peserta didik pada  materi Aritmatika meningkat. Saran yang diharapkan dari peneliti adalah agar penguatan profil pelajar Pancasila dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang diajarkan

Referensi

Alifah, F., Sutima, S. 2019. Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha ( Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika). URL: https://www.researchgate.net/publication/338984237_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_Wirausaha_Prosiding_Seminar_Nasional_Matematika_dan_Pendidikan_Matematika_Sesiomadika. Diakses tanggal 10 Maret 2024.

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. 2022. Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Buyung. 2021. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Soal Open Ended. Media Pendidikan Matematika. 9(2): 126–132. https: e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Kemendikbud. Jakarta.

Nugroho, I. A., Megawati, I., & Amalia, S. 2022. Peran Teknologi Pendidikan dalam Membentuk Budaya Sekolah di Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST. 1(1):198-204.

Nurajijah, S., & Fitriani, N. 2020. Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VII. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 7(1), 76–82.

Royanti, D., Sulistyowati, L. 2018. Analisis Keuntungan dan Nilai Tambah Agrondustri Puree Mangga di CV Promindo Utama Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 4(3): 811–818.

Setyowati, N., Mawardi, M. 2018. Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. SCHOLARIA Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8(3):253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Utari, D.R., Wardana, M.Y.S., & Damayani, A.T. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(4): 534– 540. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311.

Wahyuni, R., Efuansyah, E. 2018. Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think TalkWrite (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecaahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 2(1): 24.


Keywords  :  
Kata Kunci: Arithmetic, Pancasila learner profile, learners Aritmatika, profil pelajar Pancasila, peserta didik
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-29
Cara Mengutip  :  
Maysaroh, U., Pertiwi, P., & Saputri, L. (2024). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI ARITMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(2), 38–44. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JPVS/article/view/2037
Terbitan  :