PENDEKATAN LAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK ABK (ADHD RINGAN)

Nyimas Khairani Tuzahara ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"universitas muhammadiyah muara bungo";} )
Opi Andriani ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Nailussaaadah ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Anggi Putri Hania ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Anak dengan Attentions Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari pada anak usia sekolah sampai remaja, bahkan apabila tidak segera ditangani maka akan berpengaruh kepada masa depan seseorang. Anak dengan gangguan tersebut membutuhkan pelayanan khusus dalam memenuhi kebutuhannya dalam meningkatkan potensi dan meningkatkan kemampuannya. Metode yang digunakan adalah studi kepustaka yang berkaitan dengan pelayanan khusus bagi anak dengan ADHD. Berdasarkan hasil kajian dan observasi yang telah dilakukan, maka layanan pendekatan yang diberikan oleh guru yaitu dengan memberikan perhatian yang lebih dan menyesuaikan kebutuhan belajar untuk meningkatkan potensi dan kemampuan peserta didik dengan ADHD.

Referensi

ADHD, Apa Itu. (n.d.). Retrieved from https://telemed.ihc.id/artikel-detail-361-ADHD,-Apa-Itu.html.

A, Dayu P. 2013. Mendidik Anak ADHD Hal-hal Yang Tidak Bisa Dilakukan Obat. Yogyakarta: Javalitera

Binti Maunah, (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Brikerhoff, S. (2009). Pemuda dengan Gangguan Hiperaktif Kurang Perhatian . Sleman : KTSP.

Dr, S. M. (2017). PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jl. Nitikan 14, Umbulharjo, Yogyakarta: CV Prima Print.

Dr. Suharsiwi, M. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: CV Prima Print.

Ferdinand Zaviera. 2007. Anak Hiperaktif (Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi). Yogyakarta: Kata Hati.

Fitriyani, L. (2015) ‘Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak’, Lentera, XVIII(1),

Firman, M., Firdausyi, M. F., Suswandy, S., & Rusdiana, D. (2012). Pengukuran Kesuksesan Pendidikan Inklusif : Pengenbangan Indikator Kinerja dan Evaluasi. Journal On Education, 629-642.

Hallahan & Kauffman. Exceptional Children (Introduction to Special Education). London: Prentice Hall, 1988.

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya .

MIF Baihaqi & M. Sugiarmin (2006). Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Suparno, Yunus Muhamad. 2002. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.


Keywords  :  
Kata Kunci: Children with special needs, special services, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Anak berkebutuhan khusus, Pelayanan khusus, Attentions Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-29
Cara Mengutip  :  
Tuzahara, N. K., Andriani, O., Nailussaaadah, & Hania, A. P. (2024). PENDEKATAN LAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK ABK (ADHD RINGAN) . Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(2), 27–37. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JPVS/article/view/2018
Terbitan  :