PENYEDIAAN FASILITAS PENDUKUNG UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH UMUM

Megawati Megawati ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Dhea Lutfiani ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Opi Andriani ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui fasilitas pendidikan di SDN 036/II Sarana Jaya. untuk meningkatkan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi.sabjek penelitian yaitu ibu reni maryani selaku wali kelas  SDN 036/II Saran Jaya  dan siswa kelas 5 SDN 036/II Sarana Jaya. Sedangkan objek penelitian yakni pelaksanaan proses pembelajaran di SDN 036/II Saran Jaya. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa di SDN 036/II Sarana Jaya, anak berkebutuhan khusus (tuna wicara) di Kabupaten Bungo mendapatkan fasilitas sesuia dengan kebutuhn yang dibutuhkan yaitu  berupa papan komunikasi yang mempermudah anak tersebut  dalam mengungkapkan apa yang ingin mereka sampaikan.

Referensi

Ariyanto, D. (2017). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Mendukung Implementasi Pendidikan Inklusi. March.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zitteliana, 18(1), 22–27.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 09 Tahun 2022 Tentang Sistem Pendidikan Khusus . ayat 27–28.

Unik Hanifah Salsabila dkk ( 2022 ) Optimasi Teknologi Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pembelajaran Pai Di Slb Islam Qothrunnada (173)-(182)

Pergub (2022) peraturan pelaksanaan peraturan daerah provinsi jambi

PPL-LK.D. (2011) Pedoman Umum Penyelenggarakan Pendidikan Inklusis. Jakarta. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan


Keywords  :  
Kata Kunci: children with special needs, education, educational facilities anak berkebutuhan khusus, pendidikan, fasilitas pendidikan
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-06
Cara Mengutip  :  
Megawati, M., Lutfiani, D., & Andriani, O. (2023). PENYEDIAAN FASILITAS PENDUKUNG UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH UMUM. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 65–69. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1758
Terbitan  :