FASILITAS YANG DI BUTUHKAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN GANGGUAN EMOSI PERILAKU MELALUI LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI

Dila Regita Cahyani ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"universitas muhammadiyah muara bungo";} )
Rike Isdiana Pratiwi ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Rismawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Opi Andriani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengertian dari gangguan emosi dan perilaku yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus, faktor yang mempengaruhi gangguan emosi dan perilaku pada anak berkebutuhan khusus, pendekatan yang bisa digunakan dan model layanan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai kasus yang terjadi berkaitandengan keterbatasan pendidikan yang diperoleh anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur dari berbagai referensi yang relevan dengan gejala yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peneliti menyarankan model layanan pendidikan yang dirancang harus mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan yang melekat pada anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku.

References

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Tamela, B., Bungai, J., & Kartiwa, W. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Multi Situs di SDN-4 Palangka dan SDN-3 Langkai Kota Palangka Raya). Journal of Environment and Management, 1(2), 134-142.

Travelancya, T., & Ula, I. S. A. (2022). Pendidikan Inklusi untuk Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku (Tunalaras). Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 2(01), 23-28.

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 1-11.


Keywords  :  
Keywords: emotional disorders, children with special needs, educational services gangguan emosi, anak berkebutuhan khusus, layanan pendidikan
Galleys  :  
Published  :  
2024-03-29
How to Cite  :  
Cahyani, D. R., Pratiwi, R. I., Rismawati, & Andriani, O. (2024). FASILITAS YANG DI BUTUHKAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN GANGGUAN EMOSI PERILAKU MELALUI LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(2), 1–6. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JPVS/article/view/2015
Issue  :