PENGARUH LATIHAN MEROBOHKAN CONE LAWAN TERHADAP AKURASI PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA SSB PORSIL

Deddy Rahmat Saputra ( )

Abstrak

Abstrak

 

 

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi kurangya akurasi passing dalam permainan sepak bola SSB Porsil.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh latihan merobohkan cone lawan terhadap akurasi passing dalam permainan sepak bola.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SSB Porsil yang masih aktif untuk mengikuti latihan dan berjumlah 47 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah usia 10-12 tahun sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah test short pass untuk mengukur akurasi passing. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas lilliefors dan uji-t dengan taraf signifikan ɑ=0,05.

Hasil penelitian yaitu, terdapat pengaruh latihan merobokan cone lawan terhadap akurasi passing dalam permainan sepakbola SSB Porsil.Hal ini terbukti secara signifikan, dimana setelah dilakukan uji “t” diperoleh hasil thitung (1,77) > ttabel (1,72), Ho di tolak sedangkan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan merobokan cone lawan terhadap akurasi passing dalam permainan sepak bola SSB Porsil.

 

Kata Kunci  : Cone, Akurasi, Passing, Latihan

Referensi

Amiq F. (2016). Sepakbola (Sejarah Perkembangan, Teknik Dasar, Persiapan Kondisi Fisik, Peraturan Permainan, Dan Strategi Bermain). Malang: Universitas Negeri Malang.

Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsil.(2015). Evaluasi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Padang

Luxbacher, Joseph A. (2012). Sepakbola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martha dkk. (2017). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Bermain Sepakbola Pada Pemain Usia 16 Tahun. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1 (2) ISSN 2477-3311.

Sriundy, I Made. (2015). Metodologi Penelitian.Surabaya. Unesa Unevirsity Press.

Sugiyono.(2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta
(2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Keywords  :  
Kata Kunci: Cone, Akurasi, Passing, Latihan Cone, Accuracy, Passing, Pratice
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-12-30
Cara Mengutip  :  
Saputra, D. R. (2021). PENGARUH LATIHAN MEROBOHKAN CONE LAWAN TERHADAP AKURASI PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA SSB PORSIL. Jurnal Muara Olahraga, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.52060/jmo.v4i1.686
Terbitan  :