EFEKTIVITAS METODE LATIHAN FUN GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK SMASH SEPAK TAKRAW

Katsran Zallaf ( Universitas Bung Hatta )

Abstrak

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah utuk melihat pengaruh dari latihan fun games terhadap hasil belajar teknik smash sepak takraw Siswa SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen (eksperimen semu) yang bertujuan untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap variabel. Adapun perlakuan dalam penelitian ini adalah latihan fun games. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan porposif sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 11 orang Siswa SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t (uji beda mean) dengan taraf siginifikan  α = 0,05.

Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pre test diperoleh 13 dan skor rata-rata setelah posttest 17, berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung= 5,177> ttabel= 2,23, dengan taraf kepercayaanα = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan dari metode latihan fun games terhadap hasil belajar teknik smash sepak takraw Siswa SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Artinya salah satu metode latihan yaitu  fun games dapat digunakan untuk memberikan pengaruh pada hasil belajar teknik smash sepak takraw.

 

Kata Kunci: Fun Games, Smash, Sepak Takraw


Keywords  :  
Kata Kunci: Fun Games, Smash, Sepak Takraw Fun Games, Smash, Sepak Takraw
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-10-11
Cara Mengutip  :  
Zallaf, K. (2021). EFEKTIVITAS METODE LATIHAN FUN GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK SMASH SEPAK TAKRAW. Jurnal Muara Olahraga, 3(2), 129–138. https://doi.org/10.52060/jmo.v3i2.613
Terbitan  :