PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Yandri Yandri ( SMP Negeri 7 Tanah Sepenggal )

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di SMP Negeri 7 Tanah Sepenggal dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing- masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan refleksi, dan dilakukan minimal dalam dua siklus. Pada tahap persiapan dibuat dibuat skenario kegiatan, jadwal waktu , tempat serta sarana pendukung lainnya seperti lembar observasi, serta angket.

Penelitian ini ditujukan kepada guru guru semua mata pelajaran  yang berjumlah 5 orang yaituguru mata pelajaran IPS, TIK, IPA, PKn,dan Penjas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan refleksi, dan dilakukan minimal dalam dua siklus. Pada tahap persiapan dibuat dibuat skenario kegiatan, jadwal waktu , tempat serta sarana pendukung lainnya seperti lembar observasi, serta angket

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada komponen perumusan indikator tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 40 % pada kemampuan awal, menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 70% pada akhir kegiatan. Komponen Pemilihan Strategi dan metoda pembelajaran, yang didalamnya memuat langkah-langkah pembelajaran dan penentuan alokasi waktu yang digunakan, terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari yang semula hanya 40% menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 75% setelah siklus 2.

 

 

Kata Kunci : supervisi, pedagogik, perencanaan pembelajaran


Keywords  :  
Kata Kunci: supervisi, pedagogik, perencanaan pembelajaran supervision, pedagogy, lesson planning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-07-30
Cara Mengutip  :  
Yandri, Y. (2021). PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Jurnal Muara Olahraga, 3(2), 56–64. https://doi.org/10.52060/jmo.v3i2.579
Terbitan  :