PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BOLA VOLI PASSING BAWAH DENGAN TEMAN DAN LATIHAN PASSING BAWAH SENDIRI PADA SISWI KELAS VII SMP NEGERI 24 MERANGIN

Ikhsan Maulana Putra ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
Refril Dani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Raja Bani Pilitan ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Abdulah Abdulah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Megawati Megawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Abstrak

 

Masalah dalam penelitian ini adlah rendahnya kemampuan bermain bola voli sisw Kelas VII SMP Negeri 24 Merangin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan latihan passing bawah dengan teman dan passing bawah sendiri terhadap peningkatan passing bawah dalam permaianan bola voli Pada Siswi Kelas VII SMP Negeri 24 Merangin.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Matched Subject Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswi dan dibagi menjadi kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 dengan rumus AB-BA. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% db 5.

Hasil 1) ada pengaruh latihan passing bawah sendiri, dengan hasil t-hitung 2,535> t-tabel 2.306, 2) ada pengaruh latihan passing bawah dengan teman, dengan hasil t-hitung 4,482 > t-tabel 2.306, 3) Latihan passing bawah dengan teman lebih baik dari pada latihan passing bawah sendiri dengan hasil mean post test 12,8 > 10.9.

Simpulan hasil penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh latihan passing bawah dengan teman. 2) Ada pengaruh latihan passing bawah sendiri. 3) Latihan passing bawah dengan teman lebih baik dari Latihan passing bawah sendiri dalam meningkatkan Kemampuan Passing Bawah pada siswi ekstrakulikuler SMPN 24 Merangin.

Kata Kunci : Passing Bawah, Dengan Teman, Sendiri

Referensi

Lutan, Rusli dkk. (2015). Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan di. Sepanjang Hayat. Jakarta. Depdiknas
PBVSI. (2015). Jenis-Jenis Permainan Bolavoli. Jakarta: Sekretariat Umum PP.PBVSI
Sugiyono (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharno, HP. 2014. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT. Karya Ilmu
Suharno Hp.( 2015). Ilmu Coaching Umum. Yogyakarta :FPOK IKIP Yogyakarta

Keywords  :  
Kata Kunci: bottom pass, with friends, alone Passing Bawah, Dengan Teman, Sendiri
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-08-09
Cara Mengutip  :  
Putra, I. M., Dani, R., Pilitan, R. B., Abdulah, A., & Megawati, M. (2023). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BOLA VOLI PASSING BAWAH DENGAN TEMAN DAN LATIHAN PASSING BAWAH SENDIRI PADA SISWI KELAS VII SMP NEGERI 24 MERANGIN. Jurnal Muara Olahraga, 5(2), 110–117. https://doi.org/10.52060/jmo.v5i2.1300
Terbitan  :