PENGARUH SENAM SEHAT ANAK INDONESIATERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN 131/II SKB KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI

Deddy Rahmat Saputra ( )
Desi Tri Susanti ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Abstrak

 

Senam merupakan olahraga yang dilakukan secara massal, mulai dari tingkat dasar, menengah, atas dan masyarakat umum. Pada masa lalu senam sangat membudaya, ini dibuktikan dengan tidak adanya perbedaan hampir seluruh kalangan masyarakat senam baik secara kelompok maupun secara gabungan, tua, muda, laki-laki, maupun perempuan melakukan senam secara bersama.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Senam Sehat Anak Indonesia Terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Kelas V SDN 131/II SKB Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada sampel yang akan diteliti.

Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen dengan jumlah sampel 20 orang. Teknik pengambilan sampel diambil berdasarkan dari jumlah populasi 117 orang (purposive sampling). Sebelum diberi perlakuan siswa diawali dengan (pretest), kemudian diberi perlakuan sebanyak 16 kali, setelah itu diakhiri dengan (posttest). Latihan ini dilakukan selama 6 minggu dengan frekuensi latihan 3 kali dalam seminggu.

Berdasarkan tes yang dilakukan diperoleh data sebagai berikut, data tes awal tingkat kesegaran jasmani rata-rata 18,15. Simpangan baku 3,31. Dengan nilai tertinggi 23 dan terendah 12. Sedangkan data untuk tes akhir tingkat kebugaran jasmani rata-rata 20,10. Simpangan baku 2,17. Dengan nilai tertinggi 24 dan terendah 16. Hasil analisis uji normalitas untuk populasi tes awal diperoleh data L0 = 0,133, Ltabel = 0,190. Sedangkan hasil analisis uji normalitas untuk populasi tes akhir diperoleh data L0 = 0,095, Ltabel = 0,190. Kerena L0 < Ltabel berarti kedua data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukan Fhitung (7,19) < Ftabel (2,09), maka data bersifat homogen. Uji -t menunjukkan terdapat perbedaan antara (pretest) dan (posttest) thitung(7,19) > ttabel(2,09).

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa senam ayo bergerak Indonesia dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa dengan tingkat kesegaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signif ikan latihan senam sehat anak Indonesia terhadap tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN 131/II SKB Kabupaten Bungo Provinsi Jambi.

 

Kata kunci: SABI, Terhadap, Tingkat, Kesegaran, Jasmani


Keywords  :  
Kata Kunci: SABI, Terhadap, Tingkat, Kesegaran, Jasmani SABI, Against, Level, Fitness, Physical
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-27
Cara Mengutip  :  
Saputra, D. R., & Susanti, D. T. (2023). PENGARUH SENAM SEHAT ANAK INDONESIATERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN 131/II SKB KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. Jurnal Muara Olahraga, 5(2), 54–66. https://doi.org/10.52060/jmo.v5i2.1255
Terbitan  :