PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 04/II JAYA SETIA

Nurlev Avana Alwen Bentri Nurhizrah Gistituati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 4 tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan 2 siklus pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 04/II Muara Bungo yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di lihat meningkatnya proses mengajar pendidik yaitu 77,50% pada siklus I kemudian meningkat 87,49% pada siklus II dan proses belajar matematika peserta didik yaitu 29,46% pada siklus I menjadi 75,92% pada siklus II. Hal tersebut menunjukan pula adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik yaitu 14 ( 51,85%) peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I meningkat menjadi 22 (81,48%) yang mencapai KKM pada siklus II, Jadi dapat di simpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan proses dan hasil Belajar matematika Peserta didik di kelas V SDN 04/II Jaya Setia

Referensi

Arikunto, Suharsimi dkk, (2019). “Penelitian Tindakan Kelas” Jakarta, PT. Bumi Aksara,
Hasan, Said Hamid. (2019) "Arah Dan Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Suatu Tinjauan Historis." Bandung: Darpatemen Pendidikan Sejarah .
Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika. Bandung: Perdana Publishig
Karwati. (2015). “Manajemen Kelas” .Bandung: alfabeta.
Kurniawan, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batusangkar. Jurnal Al-Fikrah,4.
Rusman, (2017). Model-model PembelajaranMengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sagala, (2012). Makna dan Konsep Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trahati, M. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Yogyakarta: FKIP UNY.


Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di sekolah dasar. Jakart; PT.Kharisma Putra Utama
Syafaruddin, dkk. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Budi Utama
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
suyono dan haryanto, (2014). Belajar Dan Pembelajaran Teori Konsep Dasar. Bandung:PT Remaja rosda karya.
Syafutra, edy. (2020). Snowball throwing tingkatan minat dn hasil belajar. Sukabumi: Haura Publishig

Keywords  :  
Kata Kunci: PMRI, Mathematics Learning Process and Results PMRI, Mathematics Learning Process and Results
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-11-10
Cara Mengutip  :  
Nurhizrah Gistituati, N. A. A. B. (2022). PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 04/II JAYA SETIA. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 240–250. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.998
Terbitan  :