PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI RECOUNT TEXT MENGGUNAKAN MEDIA ENGLISH DOMINO DI SMAN 12 MUARA BUNGO

rozanita harahap ( SMAN 12 Muara Bungo )

Abstrak

 Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap recount text menggunakan English Domino Game. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X IPA di SMAN 12 Muara Bungo. Dalam pengumpulan data, digunakan instrument lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan test recount text. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat dilihat adanya peningkatan pada siswa baik dalam proses pembelajaran maupun test yang dilaksanakan. Hasil observasi peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran recount text dengan menggunakan media English Domino Game telah terjadi. Hasil observasi siswa pada siklus I dengan rata-rata 57,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kategori sangat baik.  Sementara itu, peningkatan yang terjadi pada hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari pra siklus ke siklus I dan siklus II.  Data yang diperoleh  pada pre test sebelum dilakukan tindakan ialah hanya 58% peserta didik yang tuntas, kemudian pada siklus I rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 67% dengan rata-rata nilai 72. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 87% dengan rata-rata nilai 84.

Referensi

Arikunto, Suharsimi dkk (Ed). 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.
Marzulina, L., Kasinyo Harto, K. H., & Dian Erlina, D. (2022). Challenges and Strategies Used by English Teachers in Teaching English Language Skills to Young Learners. Challenges and Strategies Used by English Teachers in Teaching English Language Skills to Young Learners, 12(2), 382-387.
Noputri, N., Kurniawan, R., Oktavia, D., & Fussalam, Y. E. (2021). THE CONTENT ANALYSIS OF TEXTBOOK “PATHWAY TO ENGLISH” FOR 11th GRADE BASED ON SYLLABUS IN 2013 CURRICULUM. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 104-110.
Oktavia, D., & Lestari, R. (2022). Students’ Perception on Learning Speaking English by Using English Domino Games: The Case of a Private University. Indonesian Research Journal in Education| IRJE|, 6(1), 28-42.
Oktavia, D., & Lestari, R. (2022). The development of the English domino game in basic spoken English class. International Journal of Educational Studies in Social Sciences (IJESSS), 2(2), 47-53.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.
Yogtakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UUD 1945. retrieved from www.mkri.id/public/content/infoumum/regulation/pdf/UUD45%20ASLI.pdf
UU.2003. Mengenai pendidikan, retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

Keywords  :  
Kata Kunci: recount text; English Domino Game recount text, English Domino Game
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-22
Cara Mengutip  :  
harahap, rozanita. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI RECOUNT TEXT MENGGUNAKAN MEDIA ENGLISH DOMINO DI SMAN 12 MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 167–178. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.940
Terbitan  :