PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 1 BUNGO

nicolas junibinsar simatupang ( Pemerintah Kabupaten Bungo Dinas Pendidikan SMK Negeri 1 Bungo )

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahNya hasil belajar mata pelajaran matematika kelas XII Ak Muara Bungo. Faktor penyebabnya adalah pembelajaran masih konvesional, tidak ada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, tidak menggunakan strategi Problem Based Learning  dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Ak Muara Bungo yang berjumlah 30 siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri 2 siklus yang dilakukan oleh peneliti. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Data penelitian ini dikumpulkan berdasarkan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penerapan strategi Problem Based Learning  dapat meningkatkan hasil kegiatan guru dan siswa. Kegiatan guru pada siklus I sebesar 81% (katagori baik) pada siklus II meningkat menjadi 91% (katagori sangat baik). Kegiatan siswa pada siklus I sebesar 84% (katagori baik) pada siklus II meningkat menjadi 90% (katagori ssangat baik). 2) Peningkatan hasil belajar yang mencapai nilai di atas KKM  (65) dengan presentase pra siklus 57%, siklus I 60%, dan siklus II 76%.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan kelas. Bumi Aksara: Jakarta.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husna, dkk 2013. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa sekolah menengah pertama. [online] Tersedia: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id
Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: BPSDMPK – PMP – Kemendikbud.
Lestari dan Yudhanegara 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Retika Aditama.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Poses Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Sundayana, R 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. Dr. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Penadamedia Group.
Wardhani, I.G.A.K dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.

Keywords  :  
Kata Kunci: learning value, mathematics the using problem based learning strategy learning value, mathematics the using problem based learning strategy
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-19
Cara Mengutip  :  
simatupang, nicolas junibinsar. (2022). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 1 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 160–166. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.939
Terbitan  :