STUDENT LEARNING SATISFACTION DURING THE COVID-19 PANDEMIC REVIEW OF TEACHER'S PROFESSIONAL COMPETENCY AND LEARNING FACILITIES
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kepuasan belajar siswa, pengaruh fasilitas belajar terhadap kepuasan belajar siswa, dan pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap kepuasan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Akuntansi dan Keuangan sebanyak 114 siswa, dengan sampel 80 siswa menggunakan rumus proporsionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar siswa dengan tingkat pengaruh 49%, fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar siswa dengan tingkat pengaruh 48%, kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar siswa dengan tingkat pengaruh 60,6%.
Referensi
Furqon, M. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 1–12.
Supriyanto, E. E. (2021). Media Pembelajaran Interaktif di Perguruan Tinggi. In Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi (pp. 110–121). Agrapana Media.
Supriyanto, E. E., Bakti, I. S., & Furqon, M. (2021). The Role of Big Data in the Implementation of Distance. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6356(4), 61–68. https://doi.org/10.31764
Wahyuningsih, S. E., Sugiyo, Samsudi, S., Widowati, T., & Kamis, A. (2018). Model of local excellence-based on entrepreneurship education management for prospective vocational school teachers. International Journal of Innovation and Learning, 24(4), 448–461. https://doi.org/10.1504/IJIL.2018.095383
Zahuri, D., & Israhadi, E. (2021). Juridic Review of Legal Protection towards Teachers as Educators. ICLSSEE 2021. https://doi.org/10.4108/eai.6-3-2021.2306193
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-02-16
|
Cara Mengutip | : |
Furqon, M. (2023). STUDENT LEARNING SATISFACTION DURING THE COVID-19 PANDEMIC REVIEW OF TEACHER’S PROFESSIONAL COMPETENCY AND LEARNING FACILITIES. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 311–317. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.909
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|