MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DAPAT MENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP DI SMK NEGERI 8 BUNGO

MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DAPAT MENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP DI SMK NEGERI 8 BUNGO

ESNARIA PURBA ( SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini didasari dari pentingnya guru melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajara. Silabus dan RPP merupakan persiapan paling minimal seorang guru ketika hendak mengajar. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti melakukanlah penelitian untuk melihat sejauh mana langkah supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Yaitu Penelitian Tindakan Sekolah, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua guru SMK Negeri 8 Bungo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Supervisi, Observasi, Wawancara semi terstruktur dan Dokumentasi. Hasil tindakan menunjukkan bahwa: 1). Dengan meningkatnya jumlah guru yang menyusun Silabus dari 38,46% menjadi 83% setelah supervise akademik, 2). meningkatnya jumlah RPP yang yang berkwalitas  dari 38,46% menjadi 89%. Jadi, dengan melakukan supervise akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Silabus dan RPP SMK Negeri 8 Bungo.

Referensi

Francisco, f. (1999: 123). Human Resource Development, Perspective, Roles and Practice Choice. NWS.: Business and Professional Publishing, Warriewood,.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2003: 38). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implentasi. Bandung: PT, Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. (2001: 37). Organizational Behavior, . New Jersey: Pearson Education International.

Suharsimi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Keywords  :  
Kata Kunci: Academic Supervision, Teacher Competence, Silabus and RPP Academic Supervision, Teacher Competence, Silabus and RPP
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-09-26
Cara Mengutip  :  
PURBA, E. (2022). MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DAPAT MENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP DI SMK NEGERI 8 BUNGO: MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DAPAT MENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP DI SMK NEGERI 8 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 30–39. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.904
Terbitan  :