MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MAGIC BOX (Studi Kasus Kelas IV SD Negeri 171/II Pedukuh Kabupaten Bungo)

Depi Novita Sari ( SD Negeri 171/II Pedukuh Kabupaten Bungo )

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Magic Box. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 171/II Pedukuh Kabupaten Bungo, dengan subjek adalah siswa kelas IV pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data dalam penelitian diperoleh berdasarkan hasil angket, wawancara, observasi pembelajaran dan tes hasil belajar. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 77,23 meningkat menjadi 81,78 pada siklus II dan ini memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan klasikal mencapai 85% dengan KKM 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Magic Box dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK.

Referensi

Pratiwi, Ratna Dwi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri.
Bruce, Jessica, Discovery Learning, dari www.bsu.edu/web/jccassady/3 93web/students/Bruce.htm Diakses 16 Februari 2020
Herlanti,Yanti. 2006. Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: FITK Jurusan Pendidikan IPA, UIN Syarif Hidayatullah.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Raja Grafindo Persada
Syahmani. 2002. Laboratorium sebagai Pusat Pengajaran Kimia Organik. Jurnal Vidya Karya. No. 2 Th. XX

Keywords  :  
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, FPB dan KPK Activities, Learning Outcomes, FPB and KPK
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-09-26
Cara Mengutip  :  
Sari, D. N. (2022). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MAGIC BOX (Studi Kasus Kelas IV SD Negeri 171/II Pedukuh Kabupaten Bungo). Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.902
Terbitan  :