PENGEMBANGAN E- MODUL IPS BERBASIS APLIKASI PAGE FLIP UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Iis Daniati Fatimah ( Universitas PGRI Ronggolawe )

Abstrak

Bahan ajar yang dikembangkan sebaiknya dapat digunakan secara mandiri dan mudah diakses oleh peserta didik. Modul menjadi salah satu bentuk bahan ajar yang dapat dikembangkan karena modul memiliki lima karakteristik utama yang menjadi kelebihannya yaitu self-instructional (memfasilitasi belajar mandiri), self contained (memuat seluruh materi), stand-alone (tidak bergantung pada bahan ajar lain), adaptif, dan use friendly (mudah digunakan). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Developmen/R&D). Model penelitian yang dikembangkan oleh peneliti yaitu model 4P, pengembangan dilakukan dengan pendefinisian, pendesainan, pengembangan dan penyebaran hasil produk. Kelayakan desain modul dapat dilihat dari validasi yang diberikan ahli desain. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Kelayakan desain modul ditunjukan melalui hasil validator ahli desain, di mana pada validasi tahap 1 mendapatkan persentase sebesar 64% dengan kriteria cukup. Berdasarkan masukan dan penilaian tahap 1 maka dilakukan revisi pada modul dan dilanjutkan validasi pada tahap 2. Adapun hasil persentase pada tahap 2 adalah sebesar 92% dengan kriteria sangat baik.

Referensi

Al Azka, dkk. 2019. Pengembangan modul pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1 no 5 hal 224 - 236
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Model Silabus Kelas V. Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.
Miarso, Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta : Kencana.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI
Warsita, B. 2017. Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77.

Al Azka, dkk. 2019. Pengembangan modul pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1 no 5 hal 224 - 236
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Model Silabus Kelas V. Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.
Miarso, Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta : Kencana.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI
Warsita, B. 2017. Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77.

Al Azka, dkk. 2019. Pengembangan modul pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1 no 5 hal 224 - 236
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Model Silabus Kelas V. Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.
Miarso, Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta : Kencana.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI
Warsita, B. 2017. Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77.

Keywords  :  
Kata Kunci: Keywords : development research, e-module, social science, Kata kunci: Penelitian Pengembangan, E- Modul, Ilmu Pengetahuan Sosial
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-09-26
Cara Mengutip  :  
Fatimah, I. D. (2022). PENGEMBANGAN E- MODUL IPS BERBASIS APLIKASI PAGE FLIP UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.893
Terbitan  :