PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEB BLOG PADA PEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SMP NEGERI 9 LUBUKLINGGAU

Muhammad Fariz Alfarozi Gumay ( Universitas PGRI Silampari )
Dodik Mulyono ( Universitas PGRI Silampari )
Wawan Syafutra ( Universitas PGRI Silampari )

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar sepakbola siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Lubuklinggau setelah diterapkan media pembelajaran E Learning berbasis Web Blog secara siginifikan. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes.   Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pola desain Pre-test and Post-test one grup design karena desain ini tidak menggunakan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan E Learning berbasis Web blog terhadap hasil belajar sepakbola siswa kelas VIII SMP Negeri 9Lubuklinggau signifikan tuntas. Rata- rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80.38, setelah dianalisis dengan menggunakan rumus (uji z) menunjukkan bahwa nilai Zhitung  > Ztabel(6,35 > 1,64) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Rata-rata hasil belajar Bulutangkis   siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Lubuklinggau setelah diterapkan E-Learning berbasis Web blog lebih dari atau sama dengan 75. ( : ????0 ≥ 75).

Kata kunci: E-Learning, Hasil belajar, Webblog.

Referensi

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Arikunto. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Atmawarni. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial-Fakultas Isipol UMA, 4(1) hal 20-27.

Darmawan, I.P.A & Sujoko, E. (2020). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamis S. Bloom. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2) hal 30-39.

Fitron, M. & Arifin, M. (2020). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Komsep Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Sport Science and Health, 2(5) hal 246-271.

Khotimah. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2) hal 116-123.

Lovisia, E. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Muara Beliti. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2) 114-121.

Midgley, J. (2000). Globalization, Capitalism and Sosial Welfare: A Sosial Development Perspective. Canadian Sosial Work, Special Issue: Sosial Work and Globalization, 2(1) hal 13-28.
Abbas, A. Z. I. (2010). Teknik Dasar Bola Basket. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.

Adresta, R.A & Candra O. (2020). “Upaya meningkatkan hasil belajar shooting free throw bola basket melalui media audio visual”. Jurnal Muara Olahraga Vol. 2 No. 2 E-ISSN 2621-1335.

Lukyani, L., & Agustina, R. S. (2020). Buku Jago Bola Basket. Tanggerang: Cemerlang.

Martiana (2014). Dalam skripsinya “Pengaruh latihan ballhandling terhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan bola basket siswa SMP Negeri 1 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara”.
Rubiana, I. (2017). “Pengaruh pembelajaran shooting (free throw) dengan alat bantu rentangan tali terhadap hasil shooting (free throw) dalam permainan bola basket”. Jurnal Siliwangi Vol. 3. No.2, ISSN 2476-9312.

Sandika, G. A. (2018).” Perbandingan ketepatan one hand set shoot dan two hand set shoot pada tembakan bebas (free throw) dalam permaian bola basket siswa SMA N 1 Torue.” E-JTPEHR Volume 1 Nomor 3 ISSN : 2337-4535.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. (2007). Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Keywords  :  
Kata Kunci: E-Learning, Hasil belajar, Webblog. E-Learning, Learning outcomes, Webblog.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-29
Cara Mengutip  :  
Gumay, M. F. A., Mulyono, D., & Syafutra, W. (2022). PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEB BLOG PADA PEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SMP NEGERI 9 LUBUKLINGGAU. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 196–203. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.885
Terbitan  :