PENGEMBANGAN MODUL PJOK TEKNIK DASAR BULU TANGKIS BERBANTUAN QR-CODEKELAS VIII SMP BK (BAKTI KELUARGA) KOTA LUBUKLINGGAU

Wawan Syafutra ( Universitas PGRI Silampari )
Taufik Hidayat ( Universitas PGRI Silampari )

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul  PJOK teknik dasar bulutangkis berbatuan Qr-Code kelas VIII SMP BK (Bakti Keluarga) Lubuklinggau dan untuk mengetahui kualitas Modul dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada pengembangan model ADDIE, yaitu Analysis(Analisis), Design (desain/perancangan), Development (Pengembangan), implementation (implementasi/eksekusi), danEvalution (evaluasi/umpanbalik). Tahap evaluasi tidak dilakukan dikarenakan waktu dalam penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas Modul yang dikembangkan meliputi lembar validasi, angket kepraktisan dengan skor rata-rata . Produk penelitian ini berupa Modul materi teknikdasarbulutangkisberbantuanQr-Code siswa kelas VIII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penilaian dengan yang ditentukanolehketiga validator/para ahli (ahli media, bahasa, materi) ahli bahasa dikategorikan cukup valid dengan v total ahli media 0,64 di kategorikan “CukupTinggi, v total ahlibahasa 0,62 di kategorikan “CukupTinggi”, danahlimateridengan v total 0,54 dikategorikan “Cukup”. (2) kualitas Modul dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan  praktis dari uji one toone  dengan skor rata-rata 4,0 dikategorikan Sangat Praktis dan kelompok kecil dengan skor rata-rata 4,2 dikategorikan Sangat Praktis.

 

Kata kunci : Modul materi bulutangkis

Referensi

Arikunto (2014).ProsedurPenelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Deli ,Meteus(2017). Buku Pintar Bulu Tangkis. Jakarta:Anugrah
Hamzah (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang : Literasi Nusantara.
James Poole (2016). Belajar Bulutangkis. Bandung:Penerbit Pionir Jaya.
Julia (2014). Statistik DeskriptifI. Yogyakarta: Safina Insania Press
Prastowo(2011).PengembanganBahanAjar.Jakarta, dariUniversitasTerbuka.
Rahmawati A.N. (2018). Identifikasi masalah yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum 2013 revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education. Vol.2.No.1. ISSN 2597-4866
Sugiyono(2019). MetodePenelitian (Kuantitatif, Kualitatif, R&D).Bandung:Alfabeta
Widayoko (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Yuliawan, Dhedhy (2017). Bulu Tangkis Dasar. Yogyakarta:CV Budi Utama

Keywords  :  
Kata Kunci: Modul materi bulutangkis Badminton material module
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-30
Cara Mengutip  :  
Syafutra, W., & Hidayat, T. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PJOK TEKNIK DASAR BULU TANGKIS BERBANTUAN QR-CODEKELAS VIII SMP BK (BAKTI KELUARGA) KOTA LUBUKLINGGAU. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 231–239. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.884
Terbitan  :