PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM PERSFEKTIF ONTOLOGI, EPISTIMOLOGI, DAN AKSIOLOGI

Harmalis Harmalis ( Institut Agama Islam Negeri Kerinci )
Eko Kuntarto ( Universitas Jambi )
Titin Kusayang ( Institut Agama Islam Negeri Kerinci )

Abstrak

Artikel ini bertujuan menganalisis konsep pendidikan moral anak usia dini dilihat dari sudut pandang ontologi, epistimologi, dan aksiologi dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Temuan dalam riset ini menunjukkan bahwa berdasarkan sudut pandang ontologi pendidikan moral anak usia dini merupakan upaya pembinaan dan penanaman nilai-nilai susila, akhlak dan budi pekerti yang ditujukan kepada anak usia nol tahun sampai dengan usia enam tahun agar anak memiliki bekal yang akan dilalui sepanjang kehidupannya. Selanjutnya berdasarkan sudut pandang epistimologi bahwa dalam penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini bisa bersumber dari dua unsur, pertama, bersumber dari pendidikan keluarga yakni dengan menggunakan metode bercerita, bermain, berdiskusi dan berkaryawisata. Kemudian unsur yang kedua pendidikan pra sekolah, yakni guru memiliki peranan dalam penanaman nilai moral pada anak usia dini, dengan menggunakan metode bernyanyi, bersajak, outbond, bermain peran dan lain-lain. Dan berdasarkan sudut pandang aksiologi bahwa etika dan estetika merupakan dua hal yang sangat penting diperhatikan dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini. Etika hal-hal yang berkaitan dengan norma-norma kesusilaan dan baik buruknya tingkah laku manusia, sedangkan estetika hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman keindahan yang dimiliki oleh manusia.

Referensi

Atmaja, I. M. D. (2020). Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(1), 20–26. https://doi.org/10.36733/jsp.v10i1.693

Bahtiar, A. (2012). Filsafat Ilmu. PT Raja Grafindo Persada.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 135. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208/181

Hidayat, O. S. (2014). Hakikat Perkembangan Moralitas Anak Usia Dini. Modul 1 Hakikat Perkembangan Moralitas Anak Usia Dini, 1(3), 1–73.

Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika, 9(2). https://jurnaldidaktika.org/179

Istikhomah, R. I., & BS, A. W. (2021). Filsafat Sebagai Landasan Ilmu dalam Pengembangan Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 59–64.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Kusumawati, I., & Zuchdi, D. (2019). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Konstruktivis. Academy of Education Journal, 10(01), 63–75. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.272

Marsen C, Neviarni, I. M. (2021). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkam moral peserta didik di sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. vol 6.

Murdiono, M. (2008). Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini, 38(2), 167–186. https://doi.org/10.21831/jk.v38i2.20730

Nawawi, A. (2011). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. Jurnal Kependidikan: Insania, 16(2), 119–133. c:/Users/asus/Downloads/1582- Article Text-3012-1-10-20180527.pdf

Nurhayati, Sita Awalunisah, A. (2019). Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal AKRAB JUARA, 4(2), 181–195.

Semiawan, C. ddk. (2002). Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. PT Remaja Rosda Karya

Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 41–48.

Susanto. (2013). Filsafat ILmu. Remaja Rosda Karya.

Tadjuddin, N. (2018). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Dalam Pandangan Psikologi, Pedagogik, dan Agama. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 100–116. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3386

Keywords  :  
Kata Kunci: Pendidikan moral anak usia dini, Ontologi, Epistimologi, Aksiologi Early childhood moral education, Ontology, Epistemology, Axiology
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-09-26
Cara Mengutip  :  
Harmalis, H., Kuntarto, E., & Kusayang, T. (2022). PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM PERSFEKTIF ONTOLOGI, EPISTIMOLOGI, DAN AKSIOLOGI. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 49–58. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.874
Terbitan  :