PENGEMBANGAN APLIKASI SMARTPHONE UNTUK MOBILE LEARNING PADA MATAKULIAH DESAIN GRAFIS DI STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Fauziah F ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Muhammad Hakiki ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0001-7459-7952 )
Ari Fajar Wismoyo ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Maest Pyu Amar Dievan Qiusta ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Perkembangan teknologi pada era transformasi digital terjadi secara dinamis dengan sangat cepat, dalam waktu yang singkat. Hal ini tentunya berpengaruh pada dunia pendidikan dimana dibutuhkan suatu konsep dan mekanisme proses pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi dengan pendidikan. Terjadinya Pandemi Covid-19 mengakibatkan pengintegraian teknologi dengan dunia Pendidikan dirasa urgent untuk segera dilakukan. Salah satu bentuk pengintegrasian Pendidikan dengan teknologi yakni dengan mengembangkan aplikasi untuk Mobile Learning (M-Learning). Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan 4-D (four-D) Model, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi smartphone untuk mobile learning pada matakuliah desain grafis di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang valid, praktis dan efektif. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dengan mendeskripsikan hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan: (1) Aplikasi smartphone untuk mobile learning yang dikembangkan dinyatakan valid pada aspek media dan aspek materi, (2) Berdasarkan pengamatan langsung, respon dan respon pengguna aplikasi dinyatakan prakitis, (3) Aplikasi smartphone untuk mobile learning setelah dilakukan pengujian dinyatakan efektif  dalam meningkatkan hasil belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi smartphone untuk mobile learning pada matakuliah desain grafis di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Referensi

Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

binti Safie, A., Arshad, M. R. M., & binti Idris, N. (2018, June). Acceptance factor of mobile learning application for adult learners in life long learning education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1019, No. 1, p. 012070). IOP Publishing.

Borg, Walter, R. (2012). Educational Research, an Introduction. New York: Longman Icn.

Borich, Gray D. (2014). Observation Skill for Effective Teaching. New York:Macmillan Publishing Company.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran (Peranannya Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Fadli, R., Figna, H. P., & Wijaya, I. (2018, April). Interactive learning multimedia based on Information Communications Technologies (ICT) in analyzing electrical circuits. In International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology (pp. 240-245). Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.

Rochmah, I. N. (2021). Development of game-based learning using a mobile app for students fractions learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1737, No. 1, p. 012033). IOP Publishing.

Fadli, R., & Hakiki, M. (2021). Pengembangan Aplikasi Smartphone Untuk Mobile Learning Matakuliah Sistem Operasi di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 197-202.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Matakuliah Profesi Kependidikan Stkip Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 182-189.

Hikmah Rusdi, Sudding, dan Muhammad Yunus. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android “Chembird” Pada Materi Kimia Kelas XI Di SMAN 17 Makassar. Jurnal Ecosistem, Vol.16, No.2, hal 290-301.

Intan Trivena Maria Daeng, N.N Mewengkang,Edmon R Kalesaran. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. journal Acta Diurna. Volume VI. No. 1.

Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-114.

Resti Yektyastuti, Jaslin Ikhsan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.

Sefriani, R., Sepriana, R., Radyuli, P., & Hakiki, M. (2022). Android-Based Blended Learning Media for Computer Maintenance Lectures. Journal of Education Technology, 6(1).

Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., & Radyuli, P. (2021). Blended Learning with Edmodo: The Effectiveness of Statistical Learning during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 293-299.

Smaldino. at al. (2014). Intructional Technologiy and Media of Learning. New Jersey: Meril Prentice Hall.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Susilo, S. V., & Prasetyo, T. F. (2020). Bahan Ajar Mobile Learning 2D Berbasis Android: Sebuah Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 587-592.

Syaiful Bahri Djamarah. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Thiagarajan, at al. (2014). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Tolawo, D., Lumenta, A., & Karouw, S. (2014). Perancangan Mobile Learning Algoritma dan Pemprograman. E-Journal Teknik Informatika, Vol. 4, No. 2,(pp.1-5).

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Peranada Media Group.


Keywords  :  
Kata Kunci: Mobile Learning, Android, Desain Grafis Mobile Learning, Anroid, Graphic Design
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-09-26
Cara Mengutip  :  
F, F., Hakiki, M., Wismoyo, A. F., & Qiusta, M. P. A. D. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI SMARTPHONE UNTUK MOBILE LEARNING PADA MATAKULIAH DESAIN GRAFIS DI STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.869
Terbitan  :