KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MERANGIN

KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MERANGIN

zamdani zamdani ( STKIP YPM Bangko )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 16 Merangin; (2) mendeskripsikan tingkat hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 16 Merangin; dan (3) menjelaskan hubungan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 16 Merangin. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 16 Merangin dipengaruhi banyak faktor, diantaranya kebiasaan membaca. Maka dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan hubungan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif korelasional dengan menghubungkan dua variabel, yaitu variabel kebiasaan membaca sebagai variabel bebas, dan hasil belajar Bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Popolusi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Merangin yang berjumlah 40 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket skala likert untuk kebiasaan membaca dan teknik dokumentasi untuk mendapatkan data hasil belajar bahasa Indonesia, Melalui dokumentasi nilai ulangan harian. Hasil analisis data menunjukan nilai koefisien korelasi variabel X terhadap variabel Y sebesar 6,16 >T tabel  atau 6,16 > 1,684 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang segnifikan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa Kelas X SMA Negeri 16 Merangin.

Referensi

Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2007. Reliabilitas dan Validitas Edisi Ketiga Cetakan Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Citra. 2002. Korelasi Antara kebiasaan membaca dengan prestasi Belajar Matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kerinci. Jambi: Universitas Jambi
Djamarah,Syaiful Bahri, 2008. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fitri, 2006 Korelasi Antara Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Negeri Bangko, Jambi: Universitas Jambi
Hamalik, Oemar. 2003. Perancanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta
Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif Dan Efesien. Bandung: Angkasa
Tarigan. 2008. Membaca (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa). Bandung: Angkasa.
Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gunung Prasada Pres.
Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Keywords  :  
Kata Kunci: Reading habits, learning outcomes Indonesian Reading habits, learning outcome Indonesia
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-27
Cara Mengutip  :  
zamdani, zamdani. (2022). KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MERANGIN: KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MERANGIN. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 189–195. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.857
Terbitan  :