PEMBELAJARAN INTERAKTIF MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Abdulah Abdulah ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang terjadi dalam proses perkuliahan dimana mahasiswa tidak memahami penjelasan yang ada pada buku ajar, karena hanya menjelaskan secara teoritis saja tanpa adanya media pembelajaran yang memudahkan mahasiswa dalam memahami dan mempelajari materi yang ada pada mata kuliah kewarganegaraan. Pembelajaran interaktif mobile learning pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media interaktif mobile learning pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Penelitan ini menggunakan penelitian studi literatur menelaah 7 jurnal yang relevan dengan penelitian penulis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah diambil dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dan menganalisis buku serta jurnal dengan kaidah yang berhubungan dengan media interaktif mobile learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif mobile learning dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode penelitian studi literatur pada 7 jurnal yang ditelaah berkenaan dengan Pengembangan media interaktif mobile learning, tedapat hasil yang diperoleh yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan media interaktif mobile learning berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa terlihat dari hasil telaah 4 jurnal penelitian kuantitatif dan terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil telaah 3 jurnal dengan metode penelitian tindakan kelas.

Referensi

ChoAli, Hasanuddin dan Lilik Purwandi. (2017). Millennial Nusantara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Affandi, Lalu Hamdani. (2014). Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester II Program Study S1 Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan 2 (3): 238-247.
Ariputri, G.A. & E. (2015). Peningkatan Hasil Belajar English Listening Skill dengan Menggunakan Aplikasi “Smarty Way” Berbasis Android. Edu Komputika Journal,2(1), pp.38-47
A. Ubaedillah & Abdul Rozak. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Prenada Media Grup. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32632/1/Abdul Rozak.pdf
Dwi Saputro, Y., & Asih Wahyu, T. (2019). Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di IKIP Budi Utomo. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 35–46. https://doi.org/10.24269/JPK.V4.N3.2019.PP35-46
Djamaluddin, Ahdar. 2019. “Pendidikan Millenial.” di kutip di Koran Pare Pos pada tanggal 14 Agustus 2019
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research_ An Introduction (7th Edition) (A. E. Burvikovs (Ed.); Seventh Ed).
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/CIVICUS.V8I1.1849
I Gde Dharma Nugraha. (2009). Aplikasi dynamic mobile. FT UI, 2009. https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123392-T 26219-Aplikasi Dynamic Mobile-Tinjauan Literatur.pdf
Keputusan Dirjen Dikti No. 43/DIKTI/Kep/2006: Jakarta. Departemen Pertahanan RI Direktorak Jenderal Potensi Pertahanan
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto (2016) Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Saddam. (2019) Integrasi Nilai-Nilai Konservasi Habituasi Kampus Universitas Negeri Semarang Melalui Kegiatan Akademik. https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/2937.https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i1.2937
Saluky. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web dengan Menggunakan Wordpress. EduMa, 5 (1):80- 90
Susan, (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana. Indonesia.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai . (2010). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung : Sinar Baru Algensindo Offset.
Pujawan. (2012). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Animasi Berbasis Inkuiri di Kelas XI Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Traxler, John. Learning in a Mobile Age. International Journal of Mobile and Blended Learning. (Vol. 1 (1), 1-12, January-March 2009)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. (2012). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.pdf
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Ufi/learndirect dan Kineo. (2007). Mobile Learning Reviewed. United Kingdom: Ufi/learndirect and Kineo.
Zahrawati, Fawziah et al.(2021). “The Effect of Organizational Culture on Self-Concept and Discipline toward Self-Regulated Learning.” Lentera Pendidikan 24(2): 290– 302.

Keywords  :  
Kata Kunci: interactive, Mobile learning, Citizenship Education. interactive, Mobole learning, Citizenship Education
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-05
Cara Mengutip  :  
Abdulah, A. (2022). PEMBELAJARAN INTERAKTIF MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 127–136. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.821
Terbitan  :