PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHAMAHASISWA STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Sundahry Dahry ( )

Abstrak

Matematika  sebagai landasan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi karena matematika dapat mengembangkan kemampuan berfikir logis, analitis, kritis, kreatif dan sistematis serta kemampuan bekerja sama. Pada pra observasi ditemukan permasalahan konsep dan komunikasi matematika di STKIP MB. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada dua kelas, ada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol tidak diberikan perlakuan sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa yang mendapatkan strategi pembelajaran TTW dengan skor rata-rata 2,6 lebih tinggi dari pada mahasiswa yang mendapatkan strategi pembelajaran konvensional dengan skor rata-rata 2,2. Kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang mendapatkan strategi pembelajaran TTW dengan skor rata-rata 2,6 lebih tinggi dari pada mahasiswa yang mendapatkan strategi pembelajaran konvensional dengan sjor rata-rata 2,1. Jadi model TTW efektif untuk digunakan.

Referensi

Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Helmaheri. 2004. Mengembangkan kemampuan komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Think-talk-write dalam kelompok kecil. Tesis pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1(2):194-201.
Daryeni, Wayan. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berdasarkan Konteks Tri Karya Parisuda Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran TIK Di SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2011/ 2012. Jurnal Karmapati. Vol 1. No 2. Juni 2012. pp 195 – 205.
Elida, N. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jurnal Invinity. Vol 1. No 2. September 2012. pp 178 - 185

Keywords  :  
Kata Kunci: TTW, mathematics, concept understanding, and communication.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-09-26
Cara Mengutip  :  
Dahry, S. (2022). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHAMAHASISWA STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.789
Terbitan  :