PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN TELAAH PROSA MAHASISWA STKIP YPM BANGKO

zamdani zamdani ( STKIP YPM Bangko )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan kemampuan awal terhadap kemampuan telaah prosa mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia STKIP YPM Bangko. Metode yang digunakan eksperimen semu (quasy exsperiment) dengan desain penelitian factorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP YPM Bangko dengan sampel kelas A (kontrol) dan kelas B (eksperimen). Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji anava one way dan anava two way, perhitungan dibantu dengan program SPSS 16 dan Microsoft Office Excel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan kemampuan telaah prosa mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS dan konvensional (Fhitung > Ftabel = 23,443 > 4,00), 2) terdapat perbedaan kemampuan telaah prosa mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS dan konvensional untuk mahasiswa dengan kemampuan awal tinggi (Fhitung > Ftabel = 12,964 > 4,18), 3) terdapat perbedaan kemampuan telaah prosa mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS dan konvensional untuk mahasiswa dengan kemampuan awal rendah (Fhitung > Ftabel = 33,577 > 4,21), 4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan telaah prosa mahasiswa (sig. > α = 0,573 > 0,05). Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan telaah prosa mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajran kooperatif tipe think pair share (TPS) lebih tinggi daripada kemampuan mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe thik pair share (TPS) dengan kemampuan awal terhadap kemampuan telaah prosa mahasiswa.

Referensi

Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra (Teori dan Sastra). Padang : UNP Press.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Edraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang.

Irianto, A. 2010. Statistik: konsep dasar, aplikasi, dan pengembangannya. Jakarta: kencana.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning (Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: PT. Grasindo.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Praptiwi dan Jeffry, H. 2012. Efektivitas Metode Kooperatif Tipe Gi Dan Stad Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. ISSN : 2086-2407 Vol. 3 No. 1 April 2012. Diakses 30 Juni 2013.

Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning Theory Research and Practice Second Edition terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Dua.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum KTSP. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.


Keywords  :  
Kata Kunci: cooperative learning model, think pair share, the prose research ability. cooperative learning model, think pair share, the prose research ability
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-04
Cara Mengutip  :  
zamdani, zamdani. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN TELAAH PROSA MAHASISWA STKIP YPM BANGKO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 98–112. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.739
Terbitan  :