PEGARUH PENDEKATAN REALISTIKC MATHEMATIC EDUCATION TERHDAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMSP N28 MERANGIN

hasmawati hasmawati ( STKIP YM Bngko )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII. Dari indikator hasil belajar matematika, ada beberapa indikator hasil belajar matematika siswa yang masih belum bisa dicapai. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit, dan guru mengajar terlalu monoton sehingga siswa menjadi kurang aktif serta guru masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu peneliti menawarkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education untuk mengatasi permasalahan di atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika yang diterapkan dengan Realistic Matematic Education lebih baik daripada yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional Siswa SMP N 28 Merangin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan rancangan penelitian Postest-Only-Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 28 Merangin tahun pelajaran 2015/2016 dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh, sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII A 18 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VIII B 18 siswa. Instrumen penelitiannya berbentuk uraian dengan jumlah soal yaitu 5 soal dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari tes akhir diperoleh hasil analisis data dengan nilai rata-rata siswa kelas sampel yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education adalah 71,89, sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata 53. Dengan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t, karena data berdistribusi normal dan varians homogen. Hasil hipotesis diperoleh  dan . Karena  maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika  yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik dari pada hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP N 28 Merangin.

Referensi

Ahmadi, Khoiru, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Fauzan, Ahmad. 2012. Kemampuan Matematika. Padang: Pascasarjana UNP.

Musdika, djamarah, dkk. 2011. Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Guru Dan Dosen. Jakarta : Pustaka Media.

Musdika, djamarah, dkk. 2011. Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Guru Dan Dosen. Jakarta : Pustaka Media.

Purwanto. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Siregar dan Nara. 2010. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor. PT Ghalia Indonesia.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2003). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajarn Matematika Kontemporer. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabet.

------------. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung .Alfabeta.

------------. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sugiman. 2009. Pemecahan Masalah Matematis Dalam Matematika Realistik. Jakarta. Rineka Cipta.

Suroso. 2010. Smart Brain, Metode Menghafal Cepat Dan Meningkatkan Ketajaman Memory. Surabaya. SIC Group.


Keywords  :  
Kata Kunci: Realistic mathematical education, mathematical learning outcames Realistic mathematical education, mathematical learning outcames
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-04
Cara Mengutip  :  
hasmawati, hasmawati. (2022). PEGARUH PENDEKATAN REALISTIKC MATHEMATIC EDUCATION TERHDAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMSP N28 MERANGIN. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 156–166. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.738
Terbitan  :