IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INQUIRI DI SMP NEGERI 4 MUARA BUNGO

elda fitri ( Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Bungo Jl. H. A.Manap, Kelurahan Sungai Kerjan, Kec. Bungo Dani, Kab. Bungo Prov. Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi dasar siswa pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar melalui implementasi penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran IPA berbasis inquiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII.5 SMP Negeri 4 Muara Bungo dengan melibatkan 30 orang siswa tahun pelajaran 2021/2022. Data tentang kompetensi kognitif siswa dikumpulkan dengan metode tes, data tentang kompetensi afektif siswa dikumpulkan dengan metode observasi, data tentang kompetensi psikomotor siswa dikumpulkan dengan metode observasi. Selanjutnya data dianalisis secara  deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan kompetensi kognitif siswa dari nilai rata-rata 69,80 dengan ketuntasan belajar klasikal 53,85% pada siklus I menjadi nilai rata-rata 77,40 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,18% pada siklus II, (2) terjadi peningkatan kompetensi afektif siswa dari nilai rata-rata 80,30 dengan kategori baik pada siklus I menjadi nilai rata-rata 84,90 dengan kategori sangat baik pada siklus II, dan (3) terjadi peningkatan kompetensi psikomotor siswa dari nilai rata-rata 66,40 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi nilai rata-rata 77,18 dengan kategori baik pada siklus II.

Referensi

Depdikanas, 2002. Pola Induk Pengembangan Silabus Berbasis Kemampuan Dasar SMU. Pedoman Umum, Jakarta: Depdiknas. Ditjen. Dikdasmen. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas, 2004, Pedoman Khusus Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Nurkancana, W. 1969, Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, Singaraja: Biro Penerbitan FIP Universitas Udayana.

Rustaman, N. Y. 2004, Penilain Berbasis Kelas, Makalah disajikan dalam Seminar/loka karya di FMIPA IKIP Negeri Singaraja. Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Singaraja 4 Desember 2004.

Santyasa, I W. 2003, Pendidikan, pembelajaran, dan penilaian berbasis kompetensi Makalah disajikan dalam seminar Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja pada tanggal 27 Februari 2003.

Santyasa, I W. 2003. “Portofolio dan assessment portofolio untuk pengajaran fisika”. Makalah. Disajikan dalam memenuhi sebagian persyaratan mata kuliah evaluasi program pengajaran (DIK 722). Program Pasca Sarjana universitas Negeri Malang. Malang 28 Januari 2003.

Suardana I K. 2007, Implementasi Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Berbasis Inquiri Terbimbing, Laporan Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.


Keywords  :  
Kata Kunci: Class-based assessment, inquiry, student basic competence Class-based assessment, inquiry, student basic competence
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-07
Cara Mengutip  :  
fitri, elda. (2022). IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INQUIRI DI SMP NEGERI 4 MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 176–183. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.735
Terbitan  :