PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PEMOHON SERTIFIKAT TANAH

Tri Wera Agrita ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
Titis Wulandari ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Esensi visi pelayanan publik adalah terwujudnya pelayanan publik yang prima, yang berarti mampu mewujudkan kepuasan masyarakat dalam upaya mendapatkan pelayanan dari instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pemohon sertifikat tanah Kabupaten Bungo. Penelitian ini bersifat deskritif  dengan menggunakan teknik pengumpulan data survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua variabel atau lebih di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif (perhitungan statistik) dengan regresi linier sederhana yaitu menggunakan analisis statsistik Koofisien Korelasi Product. Sebanyak 100 orang sampel yang berasal dari pemohon sertifikat tanah dengan teknik accidental sampling dan menyebarkan angket yang diisi oleh responden. Hasil analisis pengujian hipotesis didapatkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pelayanan petugas terhadap kepuasan masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah. Pernyataan hipotesis bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pelayanan petugas terhadap kepuasan masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah terbukti, yang berarti semakin kuat pelayanan petugas maka semakin kuat pula kepuasan masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t tabel yang lebih kecil dari t hitung (1,661) < t hitung (6,666), dan nilai signifikansi (0,000) yang lebih kecil dari 0,05 serta koefisien regresi sebesar 0,559.

Referensi

Harsono, B. (2004). Djambatan. Jakarta: Hukum Agraria Indonesia.

Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Alfabeta. Bandung: Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Yudhoyono, D. H. (2013, September 30). Peraturan Presiden tentang BPN. hal. 1.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasan Masyarakat, BPN Service Quality, Community Satisfaction, BPN
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-07
Cara Mengutip  :  
Agrita, T. W., & Wulandari, T. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PEMOHON SERTIFIKAT TANAH. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 281–289. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.733
Terbitan  :