PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

Tri Wiyoko ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0002-0470-5345 )
Randi Eka Putra ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Neta Epriyani ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Pembelajaran IPA dinyatakan berhasil jika tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai. Tetapi hasil pra observasi menunjukkan adanya permasalahan dalam proses dan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 17/II Tanah Tumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yaang dgunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar observasi dan soal test hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik dari siklus I ke siklus II dengan kategori baik, serta proses belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II dengan kategori baik. Selanjutnya untuk hasil belajar yang diperoleh peserta didik setalah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I sebesar 68% menjadi 87,5% dengan kategori baik di siklus II. Jadi model discovery learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV untuk muatan pembelajaran IPA.

Referensi

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (6th Ed.). Rineka Cipta.

Artawan, G O., Kusmariyatni., Sudana. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Volume 3 Nomor 3 2020, http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Idrus, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume. 9, No. 2 Agustus 2019

Mulyadi, A. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kalaboratif Secara Periodik Di SD Negeri 206 /Ii Sungai Buluh. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2(1), 13-18.https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.478

Rosarina, G., Sudin., & Sujana, A., (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Vol 1, No 1 (2016) https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043

Yuliana, N. (2018) Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Jipp, Volume 2 Nomor 1 April 2018


Keywords  :  
Kata Kunci: Discovery Learning, Proses, Learning Outcomes Discovery Learning, Process, Hasil Belajar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-05
Cara Mengutip  :  
Wiyoko, T., Putra, R. E., & Epriyani, N. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 167–175. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.723
Terbitan  :