PENINGKATAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR

Rita Zunarti ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Subhanadri Subhanadri ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 223/II Simp. Rantau Embacang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontesktual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 223/II Simp. Rantau Embacang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontesktual siswa kelas V SDN 223/II Simp. Rantau Embacang pada tahap pelaksanaan tindakan pada aspek guru sesuai dengan hasil pengamatan observer mencapai keberhasilan baik dan aspek siswa mencapai keberhasilan baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan 1 yaitu 79, 48 dan pertemuan II yaitu 80,63. Hasil belajar siswa pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80%. Berdasarkan  hal itu,  penelitian ini berakhir di siklus II.

Referensi

Akhmad Sudrajat. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Jakarta. Bumi Aksara

Alben Ambarita. 2008. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Dikti.

Budiningsih, 2015. Pendekatan Proses dan Hasil Belajar. Jakarta. Bumi Aksara

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2011. Indikator Keberhasilan Pembelajarn. Jakarta: Depdiknas

Dhina Ratnafuri. 2009. Studi Komperensif Hasil Belajar antara Pendekatan Kontekstual (CTL) dengan Pendekatan Konvensional. Bandung: CV Alfabeta.

Dian Rahmana. 2009. Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Hasan, Nur. 2013. Pendekatan Proses dan Hasil Pembelajaran. Jakata: PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakata: PT. Raja Grafindo Persada.

Masnur Muslich. 2012. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Mariana. 2003. Ilmu Pengetahuan Alam dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslichach Asy’ari. (2013). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Dikti

Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurhadi, dkk. 2012. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nana Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdajarya.

Sargawi. 2015. Proses dan Hasil Pembelajaran. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suharsimi, Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Susanto. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Suprayetti. (2016). Penera pan Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA di SD. Bandung: CV Wacana Prima.

Syaiful Sagala. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning Outcomes, Natural Sciences, Approach Contextual learning outcomes, Natural Sciences (IPA), Approach contextual.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-07
Cara Mengutip  :  
Zunarti, R., & Subhanadri, S. (2022). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 290–295. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.717
Terbitan  :